Friday, April 3, 2015

Mengapa hubungan manusia dan lingkungan mengalami perubahan

1. Mengapa hubungan manusia dan lingkungan mengalami perubahan?
Karena lingkungan selalu berubah-ubah seiring perubahan waktu, misalnya perubahan iklim, musim dan terjadinya bencana alam, seperti gunung meletus dan gempa bumi, sehingga manusia harus selalu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
Selain itu karena perubahan kebutuhan manusia semakin banyak sehingga banyak mengolah alam untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya : untuk sandang, pangan dan papan. Pengolahan ini sering berdampak negatif bagi alam karena bisa menyebabkan alam menjadi rusak dan bisa juga habis.
Manusia berupaya membuat alam menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi dirinya  sehingga berupaya merubah alam sesuai dengan keinginannya, misalnya membuat pemukiman yang kemudian menjadi desa, dan akhirnya menjadi daerah perkotaan.
2. Bagaimanakah keterkaitan manusia dengan lingkungan alam dan lingkungan sosial?
Lingkungan alam merupakan tempat tinggal manusia, dari lingkungan alam manusia juga bisa memperoleh kebutuhannya. Manusia harus beradaptasi dengan lingkungan alam, selain itu juga menjaga agar lingkungan alam tidak rusak.
Dalam lingkungan sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan orang lain untuk hidup, manusia harus patuh terhadap norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Dan manusia harus saling tolong menolong di antara sesamanya.
3. Aktivitas apa saja yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan alam seperti kerusakan hutan, pencemaran air dan lingkungan?
Penebangan hutan sembarangan atau ilegal
Pembakaran hutan untuk ladang atau pertanian
Membuang sampah di sungai
Membuang limbah pabrik ke sungai
Penggunaan kendaraan bermotor yang mencemari udara
Penggunaan plastik yang sulit diurai sehingga mencemari tanah
4. Mengapa terjadi begitu banyak keragaman sosial budaya di Indonesia? Berikanlah penjelasan tentang hal tersebut!
Karena Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Perbedaan tempat tinggal tersebut membuat mereka membentuk kelompok-kelompok masyarakat yang akhirnya terbentuk suku-suku bangsa.
Setiap suku membentuk budayanya sendiri berdasarkan lingkungan alam sekitarnya dan sosial antar mereka. Budaya tersebut beraneka ragam dan diwariskan kepada generasi penerusnya.
5. Bagaimana caranya agar keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia?
Harus tetap dilestarikan dan terus dipertahankan keberadaannya karena bisa dijadikan kekayaan budaya yang bisa menarik wisatawan asing datang ke Indonesia.
Turis asing sangat menyukai budaya bangsa Indonesia, ketika mereka datang ke Indonesia akan menghasilkan banyak devisa bagi Bangsa Indonesia
Bagi masyarakat sekitar tempat wisata budaya juga akan meningkat kesejahteraannya karena bisa menjual jasa penginapan atau menjual sovenir atau oleh-oleh yang bernilai seni tinggi
6. Perkembangan ekonomi yang dicapai Indonesia cukup maju. Namun, mengapa kemiskinan tetap terjadi
Karena pembangunan hanya terpusat pada daerah-daerah tertentu saja, misalnya diperkotaan, sedangkan di daerah lain, misalnya di desa kurang diperhatikan sehingga terjadi ketimpangan sosial.
Kurangnya pemerataan pembangunan sehingga ada kesenjangan antara si miskin dan si kaya. Hal itu bisa dilihat di kota yang sebagian benduduknya kaya, sedangkan di desa penduduknya cenderung hidup dalam kemiskinan
7. Indonesia memiliki keragaman keyakinan dan agama. Sikap apa yang harus ditunjukkan untuk menghargai keragaman ini?
Saling menghormati antar umat beragama
Saling menghargai antar umat beragama
Saling bersilaturahmi antar umat beragama
Hidup berdampingan dan rukun
Saling berkerja sama dan gotong royong
8. Terjalinnya hubungan dengan negara-negara lain menyebabkan masuknya kebudayaan asing ke Indonesia. Bagaimana sikapmu terhadap hal tersebut?
Budaya asing bisa memperkaya budaya nasional asalkan kita bisa menyerap dan memilih budaya yang positif, misalnya kekayaan iptek dan etos kerja,

Sedangkan budaya yang negatif harus kita tinggalkan atau kita buang, jangan sampai kita memakainya karena tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.

6 comments:

  1. Terima kasih, ngebantu banget!😁😁😁

    ReplyDelete
  2. makasih atas bantuannya, karena soal nya sama persis sama soal yang di kasih guru sama makasih atas bantuannya. Soal dan jawaban membantu saya.

    ReplyDelete
  3. makasih atas bantuannya, karena soal nya sama persis sama soal yang di kasih guru sama makasih atas bantuannya. Soal dan jawaban membantu saya.

    ReplyDelete
  4. Makasih membantu sekali dalam pelajaran

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain