Untuk memberikan kesan yang menyenangkan kepada pelanggan dan
masyarakat luas teknik-teknik promosi dapat diciptakan melalui:
1. Alat Tulis-Menulis
Faktur, kuitansi, amplop, kartu nama perusahaan dicetak dengan biaya
yang relatif murah, tanpa mengabaikan mutu kertas dan cetakannya. Desain huruf
yang unik dan sederhana akan memberikan kesan kepercayaan. Hal ini akan
menunjukkan kemantapan perusahaan.
2. Logo
Logo merupakan salah satu teknik promosi yang digunakan pada
perusahaan- perusahaan industri dan jasa. Biasanya logo tersebut dipasang pada
semua produk yang dihasilkan dan pada semua alat tulis-menulis. Tujuan membuat
logo ini adalah untuk menunjukkan merek dagang perusahaan.
3. Foto-Foto
Lebih menarik jika foto-fotonya berwarna, berukuran cukup besar.
Dipasang di album, dinding (dengan bingkai). Setiap lembar foto diberi keterangan.
4. Label
Label adalah jenis usaha promosi yang dapat dipergunakan oleh
perusahaan- perusahaan konveksi, penjahit, rumah mode, dan sebagainya. Tulisan
di label biasanya nama perusahaan dan ditempel- kan/dipasang pada setiap hasil
produknya.
5. Brosur
Brosur atau kertas selebaran berisi informasi-informasi perusahaan
yang bersangkutan beserta jenis produk yang dihasilkan. Umumnya brosur ini
dihiasi dengan foto-foto. Biaya mencetak brosur berwarna relatif lebih mahal,
sebab memerlukan teknik dan penanganan khusus dan tergantung pada tiras
(sedikit banyaknya) lembar yang akan dicetak.
6. Stiker
Salah satu bentuk promosi usaha yang lain yaitu stiker. Biasanya
digunakan/ditempel- kan di kendaraan, di pintu, dinding, rumah, dan di tempat
lain, dan tidak ditempelkan pada barang-barang hasil produksi. Biaya cetak
tergantung atas jumlah cetakan.
7. Ruang Pamer
Jika dimungkinkan bagian dari tempat usaha digunakan sebagai ruang
pamer merangkap ruang tunggu. Dalam ruang tersebut secara tetap dipamerkan hasil
produksi, foto-foto, kegiatan perusahaan, barang-barang dagangan lain. Setiap
3-5 bulan barang yang dipamerkan sebaiknya diganti dengan yang lain, agar
memberi kesan keterampilan dan kepandaian perusahaan untuk bersaing.
8. Etalase
Etalase toko/tempat usaha jaragan dipenuhi dengan berbagai macacn barang
dagangan. Yang dipajang hendaknya barang dagangan baru atau ierpilih untuk
menarik pelanggan, tetap atau pelanggan yang mampu. Dalam waktu 1-2 bulan
hendaknya barang dagangan yang dipajang diganti agar terkesan selalu mengikuti
perkembangan. Gunakanlah etalase secara terus menerus untuk berpromosi.
9. Papan Reklame
Apabila tidak mempunyai etalase karena ruangan terbatas, buatlah papan
reklame yang berukuran paling sedikit 60 x 100 cm. Papan reklame (daftar menu,
daftar harga, dan Iain-Iain) ditempatkan di depan pintu masuk tempat usaha.
10. Papan Nama
Papan nama perusahaan diletakkan di depan/sisi kiri atau kanan tempat
usaha. Ditulis secara jelas nama perusahaan, jenis, dan alamat lengkap.
No comments:
Post a Comment