Tuesday, February 3, 2015

kelompok potensi sumber daya pertanian

2. Apa saja yang tergolong dalam kelompok potensi sumber daya pertanian? Jelaskan bagaimana metode memanfaatkannya!
Pertanian Lahan Basah
Pertanian lahan basah atau biasa disebut juga pertanian sawah yang umumnya dikerjakan oleh petani di wilayah Indonesia. Pertanian lahan basah biasanya sangat baik diolah di dataran rendah dengan ketinggian rata - rata kurang dari 300 meter dari permukaan laut.
cara pemanfaatannya seperti berikut  :
Untuk pengolahan budi daya padi di lahan sawah
Pertanian Lahan Kering
Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang di budi daya tanpa penggenangan di lahan yang akan di garap. Tanaman yang di dibu daya merupakan tanaman yang tidak memerlukan adanya genangan pada lahan.
cara pemanfaatannya :
Digunakan budi daya jenis tanaman palawijja, padigogo, sayuran, bunga dan buah-buahan.

3. Apa saja yang tergolong dalam kelompok potensi sumber daya kelautan? Jelaskan bagaimana metode untuk melestarikannya!
a. Potensi Perikanan
b. Hutan bakau (mangrove)
c. Potensi Terumbu karang
Cara pelestariannya adalah :
1. Tidak menangkap ikan dengan mengunakan bom ikan atau bahan kimia yang mengandung racun
2. Tidak menebang secara liar pohon bakau di bibir pantai
3. Menanam kembali hutan mangrove (pohon bakau) yang telah rusak
4. Tidak membuang sampah sembarangan ke laut

4. Potensi sumber daya alam gas dan minyak mentah bumi yang dipunyai negara Indonesia banyaknya sangat terbatas. Apa yang akan terjadi bila sumber daya alam tersebut hilang atau habis?
Maka negara kita akan mengalami kelangkaan energi, sementara itu negara kita sangat memerlukan energi yang berasal dari minyak bumi tersebut, maka negara kita akan sangat tergantung dari impor minyak bumi dari negara lain yang membutuhkan biaya yang sangat tidak sedikit. Bagi masyarakat itu sangatlah memberatkan sebab harga bahan bakar minyak menjadi sangat mahal sedangkan itu adalah termasuk sebagai kebutuhan pokok masyarakat.

5. Indonesia sebagai negara yang sangat kaya dengan potensi sumber daya alam, pemanfaatan apa saja yang bisa eksploitasi dari sumber daya alam itu bagi kehidupan masyarakat di Indonesia?
a. Sumber daya alam tersebut dapat dibuat menjadi komoditi ekspor yang bisa menghasilkan devisa
b. Sumber daya alam tersebut dapat dijadikan sebagai tempat wisata
c. Dapat didijadikan sebagai meingkatkan kesejahteraan masyarakat
d. Dimanfaatkan sebagai mencukupi kebutuhan masyarakat terutama sandang dan pangan
e. Buat mencukupi kebutuhan bahan bakar dan mineral industri  maupun masyarakat
f. Buat menyokong peningkatan pada sektor industri

6. Kenapa sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja pada sektor pertanian?
sebab keadaan tanah di wilayah ndonesia yang sangat subur baik di dataran rendah atau di dataran tinggi dan di daerah pegunungan. Keadaan ini dikarenakan dari jenis tanah aluvial dan tanah vulkanik yang menjadikan tanah di wilayah Indonesia begitu sangat subur. Sehingga masyarakat Indonesia memanfaatkan kesuburan tanah itu untuk lahan pertanian.

7. Kenapa pertanian pada lahan basah dilakukan di wilayah dataran rendah?
Pada wilayah dataran rendah umumnya terdapat banyak aliran sungai yang mengalir maka memudahkan untuk membangun saluran irigasi untuk mengairi lahan sawah para petani.

8. Jelaskan hubungan antara aktivitas produksi, aktivitas distribusi, dan aktivitas konsumsi pada memanfaatkan potensi sumber daya alam?
Aktivitas produksi umumnya memanfaatkan potensi sumber daya alam sebagai bahan dasar / baku, lalu hasil dari produksi tersebut di salurkan melewati distribusi menuju masyarakat dan masyarakat mengkonsumsinya sebagai kebutuhanya.
Contoh : Tebu merupakan tanaman atau tumbuhan yang diproduksi menjadi gula pasir, hasil produksi itu didistribusikan menuju masyarakat lalu masyarakat mengkonsumsi gula tersebut untuk kebutuhanya.

9. Jelaskan cara pemanfaatan lahan yang biasa dilakukan pada pertanian pada lahan kering?

Pertanian pada lahan kering merupakan pertanian yang diolah tanpa menggenangkan air pada lahan garapan. Tanaman yang dibudi daya merupakan tanaman yang biasanya tidak memerlukan genangan air pada lahan. Biasanya jenis tanaman yang sangat cocok ditanam dilahan seperti ini seperti tanaman palawijja, sayuran, padi gogo, jenis buah - buahan dan bunga.

4 comments:

Blog Saya Yang Lain