Monday, January 26, 2015

lokasi persebaran jenis-jenis ikan

Madidihang
Ikan Madidihang (jenis ikan tuna sirip kuning) atau  Thunnus albacares ialah  ikan jenis pelagis besar yang menjelajah di seluruh lautan tropis dunia. Jenis ikan ini adalah salah satu jenis ikan tuna yang paling besar, walaupun masih kalah besar bila dibandingkan dengan ukuran ikan tuna jenis sirip biru dan ikan tuna jenis mata besar.
Madidihang bisa dijumpai di seluruh perairan laut tropis dan pertengahan dunia. Indonesia merupakan area bertemunya dua jenis ikan madidihang dari wilayah Samudra Hindia dan wilayah Samudra Pasifik, area bertemuannya kedua kawanan jenis ikan itu kemungkinan ialah di sekitar wilayah Laut Flores,  selat Makasar dan wilayah laut banda.


Tuna mata besar
Tuna mata besar (thunnus obesus) merupakan jenis spesies ikan tuna dari golongan tuna sejati (yang sebenarnya). Ikan tuna jenis ini merupakan jenis ikan konsumsi dan ikan tangkapan paling penting pada industri pengolahan perikanan maupun sebagai ikan tangkapan rekreasi (pemancing untuk wisata). Ikan tuna mata besar dijumpai nyaris di semua wilayah lautan terbuka tropis dan iklim sedang, namaun tidak dijumpai di kawasan Laut Tengah. Di wilayah perairan laut Indonesia, area pesebaran tuna mata besar utamanya di kawasan laut sualwesi, laut banda, laut flores, laut utara Papua dan samudra hindia.


Albakora
Ikan Albakora merupakan jenis spesies ikan tuna. Ikan Albakora merupakan ikan yang mempunyai nilai komersil tinggi, dan perindustrian perikanan ikan albakora sangat bernilai secara ekonomi. Cara penangkapan ikan tersebut seperti dengan memancing, rawai (rangkaian pancing panjang), trol, dan jaring pukat. Jenis ikan tersebut juga terkenal sebagai incaran penangkapan ikan rekreasi (mancing untuk wisata).  Wilayah pesebaran paling banyak di kawasan Samudera Hindia dan juga wilayah Samudera Pasifik Tengah.  Untuk wilayah laut di Indonesia banyak dijumpai di daerah laut Barat Sumatera, laut selatan Jawa dan wilayah perairan Papua.


Ikan Cakalang
Ikan Cakalang merupakan ikan dengan ukuran sedang umumnya panjang tubuh cakalang dapat mencapai sekitar 1 m dengan berat dapat mencapai lebih dari 18 kg. Ikan cakalang diketahi sebagai perenang handal di lautan area pelagik. Ikan cakalang tersebut biasa ditemui di laut dengan iklim tropis dan iklim subtropis di kawasan Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan juga Samudra Atlantik. Pada wilayah laut Indonesia umumnya dijumpai di wilayah laut Banda, perairan Maluku, selat makasar, Laut Jawa dan banyak lagi.


Tuna Sirip Biru

Tuna sirip biru mempunyai bentuk tubuh yang sangat mirip dengan bentuk torpedo, dinamakan fusiform, pada sisi – sisinya sedikit memipih dan pada moncong berbentuk meruncing. Ikan tuna Sirip Biru umumnya dijumpai di kawasan perairan Indonesia paling banyak di kawasan Laut Banda, Laut Sulawesi, perairan laut utara Papua, Laut flores, dan Samudra Hindia.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain