Monday, January 19, 2015

potensi Geothermal atau panas bumi

Energi panas Bumi ialah energi yang dihasilkan dari panas yang muncul di dalam bumi. Energi panas Bumi ini bersumber dari adanya aktivitas tektonik di dalam bumi yang sudah berlangsung sejak planet Bumi  ini terbentuk. Energi panas ini juga bersumber dari panas sinar matahari yang terserap oleh permukaan Bumi (tanah dan air). Energi panas Bumi ini telah dipakai untuk memanaskan (banguna ketika musim dingin atau air) mulai dari peradaban Romawi, tetapi saat ini lebih terkenal buat memproduksi energi listrik. Kurang lebih 10 Giga Watt pembangkit listrik energi panas Bumi sudah dipasang di muka bumi pada tahun 2007, dan menyumbang kurang lebih 0.3% dari total energi listrik di bumi.
Beberapa wilayah yang berpotensi sangat tinggi Geothermal atau panas bumi di wilayah Indonesia adalah :
1. Jawa Barat ada sekitar 40 Lokasi
2. Nusa Tenggara Timur ada sekitar 18 Lokasi
3. NAD sebanyak ada sekitar 17 lokasi
4. Sumatera Utara ada sekitar 16 Lokasi
5. Sematera barat dan di daerah Sulawesi Barat ada sekitar 16 Lokasi
Ada beberapa daerah dengan pemanfaatan energi panas bumi paling menjadi unggulan
1. Jawa Barat (PLTP Kamojang)
PLTP Kamojang bisa memasok Total kapasitas energi listrik saat ini sebesar kurang lebih 200 Mega Watt, yang terdiri dari beberapa unit yakni PLTP Unit 1 dengan produksi energi listri sebesar 30 MW, unit 2 dan 3 memiliki masing-masing total kapasitas energi listrik sebesar 55 MW, dan PLTP unit 4 memiliki kapasitas energi listrik sebesar 60 MW. Keseluruhan total energi listrik yang bisa dihasilkan dari PLTP Kamojang yang akan dialirkan guna memasok sistem transmisi (interkoneksi) pulau Jawa dan Bali.
2. Sumatera Utara (PLTP Sibayak)
PLTP Sibayak berada Di Kabupaten Brastagi Sumatera Utara ada satu PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang memiliki total kapasitas energi listrik 12 MW. Pembangkit listrik satu ini bernama PLTP Sibayak, adalah sebuah proyek kerjasama antara PGE (Pertamina Geothermal Energy) dan Dizamatra Powerindo. Proyek ini mulai dibangun pada tahun 1996 dan selesai dibangun pada tahun 2008, PLTP ini adala pembangkit listrik paling pertama yang dibangun di wilayah Sumatera. Memanfaatkan panas bumi yang keluar dari Gunung Sibayak di Sumatera Utara, produksi dari PLTP sibayak ini akan dijual ke PT PLN (Persero) buat memasok listrik provinsi Sumatera Utara dan wilayah sekitarnya.
3. Jawa Barat (PLTP Salak)
PLTP Salak ini bertempat di area sekitar taman nasional gunung Salak yang berada di Provinsi Jawa Barat. Pembangkit listrik ini berlokasi kurang lebih 1400 meter dari permukaan laut ini mempunyai total kapasitas listrik sampai 377 MW dan bisa memberikan sebagian pasokan listrik ke jaringan jawa dan bali. Di tempat ini mempunyai 6 unit turbin uap (panas bumi) dan bisa beroperasi 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.
4. Jawa Tengah (PLTP Dieng)
PLTP Dieng ini berada di Kecamatan Dieng daerah Banjarnegara provinsi Jawa Tengah dengan total kapasitas produksi tenaga listrik 20 Mega Watt (MW).
5. Sulawesi Utara (PLTP Lahendong)

PLTP Lahendong adalah unit pembangkit listrik terbesar dengan energi listrik yang sangat ramah terhadap lingkungan berbasiskan dengan sumber daya alam panas bumi di provinsi Sulawesi Utara. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sulawesi Utara bisa memberikan kontribusi kurang lebih sebesar 60% pada pasokan listrik di provinsi Sulawesi Utara.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain