Tuesday, January 20, 2015

Terumbuh Karang

Terumbu karang adalah terumbu yang proses terbentuknya dari kapur yang kebanyakan diproduksi oleh koral. Terumbu tersebut berarti endapan batuan sedimen kapur yang ada di dalam laut. Koral ialah binatang yang memproduksi kapur untuk kerangka pada tubuhnya. Bila jumlah ribuan koral membentuk koloni, maka mereka akan bisa membentuk sebuah karang.
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia mempunyai wilayah terumbu karang paling luas yang ada di dunia. Luas terumbu karang di wilayah Indonesia mencapai kurang lebih 284.300 km2 atau 18% dari populasi terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Kekayaan terumbu karang di wilayah Indonesia bukan hanya dari segi luasnya, akan tetapi juga banyaknya ragam hayati yang hidup tersebar di dalamnya. Banyaknya ragam hayati terumbu karang juga yang terbesar di dunia. Di dalam laut Indonesia terdapat kurang lebih 2.500 jenis ikan, 2.500 jenis moluska, 1.500 jenis udang, dan 590 jenis karang.  Mengapa terumbu karang sangat banyak dijumpai di Indonesia? Terumbu karang bisa tumbuh dengan sangat baik di suhu perairan laut antara 21O- 29O C. Di suhu lebih panas atau lebih dingin dari suhu perairan laut tadi, maka pertumbuhan terumbu karang akan kurang bagus. Karena wilayah Indonesia berada di daerah beriklim tropis dan suhu perairannya stabil hangat sepanjang tahun, pantas bila terumbu karang sangat banyak dijumpai di wilayah Indonesia.  Terumbu karang bisa juga tumbuh dengan sangat baik di kondisi air yang sangat jernih dan cukup dangkal. Dengan kedalaman air laut yang bagus untuk terumbu karang tumbuh tidak boleh lebih dari kedalaman 18 meter.
bila lebih dalam dari kedalaman tersebut, maka pertumbuhan terumbu karang juga tidak akan baik. Selain memiliki syarat tersebut, terumbu karang juga memiliki syarat salinitas atau kadar garam pada air laut yang tinggi.  Oleh sebab itu, terumbu karang sangat sulit hidup di dekat daerah muara sungai karena kadar garam pada air lautnya kurang karena masuknya aliran air sungai ke dalam laut.  Mengapa terumbu karang wajib kita dilindungi dari kerusakan dan kepunahan? Karena terumbu karang mempunyai banyak kegunaan. Manfaat terumbu karang bisa mempunyai sifat ekonomis, ekologis, ataupun sosial ekonomi. Adapun gambaran mengenai keuntungan terumbu karang tersebut 1. Manfaat pada ekonomi, yaitu menjadi sumber makanan, sumber obat- obatan, dan sebagai objek wisata laut atau bahari. 2. Manfaat pada ekologis, yaitu menekan hempasan gelombang air laut yang bisa berakibat terjadinya abrasi pada pantai. 3. Manfaat pada sosial ekonomi, yaitu menjadi sumber budidaya perikanan yang bisa mendongkrak penghasilan para nelayan. Selain itu, terumbu karang juga bisa sebagai daya tarik di objek wisata laut yang bisa meningkatkan penghasilan para penduduk di daerah dekat  pariwisata pantai.


No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain