Tuesday, July 23, 2019

Cara berkembang biak wortel


Bagaimana tanaman wortel berkembang biak? Carilah informasi yang berasal dari beberapa sumber. Tuliskan hasil tulisannya di bawah ini!
wortel berkembang biak dengan umbi akar. Umbi pada tanaman wortel mempunyai fungsi sebagai cadangan makanan yang didalamnya terdapat zat tepung.
Ciri-ciri umbi akar pada wortel :
- tidak terdapat kuncup dan daun di umbinya
- umbi tidak berbuku-buku
- umbi tidak mempunyai mata tunas
Jika kita akan menanam wortel bisa dengan memotong bagian umbinya kemudian diletakkan atau ditanam sedikit ke dalam tanah, maka bagian umbi itu akan muncul tunas baru yang akan berkembang jadi wortel dewasa.
Wortel akan baik jika ditanam di daerah pegunungan atau dataran tinggi dengan jenis tanah latosol, aluvial, andosol dan regosol. Dataran tinggi cocok untuk wortel karena mempunyai temperatur udara 15 - 21 'C. Selain itu wortel juga harus berada pada daerah yang curah tinggi atau beriklim basah agar menjaga ketersediaan air tetapi juga jangan sampai kelebihan air karena akan berpengaruh terhadap kesehatan wortel. Sedangkan kelembaban udara yang cocok untuk tanaman wortel pada angka 80% sampai 90% dan sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis.
Wortel mempunyai siklus hidup 12 sampai 24 bulan sehingga dimasukan dalam jenis tumbuhan biennial. Wortel mengandung karbohidrat dan mempunyai rasa manis. Biasanya manusia mengkonsumsi wortel pada umbinya.
Wortel bisa dipanen pada umur 90 hari setelah ditanam, cara memanennya dengan mencabut wortel dari tanah. Pencabutan harus hati-hati supaya umbi wortel tidak patah. Setelah itu wortel dicuci dengan air agar bersih dari tanah yang menempel.
Wortel sangat baik untuk kesehatan  mata karena banyak mengandung vitamin A. Vitamin mempunyai antioksidan yang bisa preventif terhadap katarak. Selain itu wortel juga berguna untuk mengurangi kolesterol, mencegah kanker dan mengobati sembelit.

2 comments:

Blog Saya Yang Lain