Sunday, July 28, 2019

Organ Gerak Manusia dan Hewan


Salah satu karakteristik makhluk hidup yaitu bisa bergerak. Bergerak mempunyai arti bisa berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain atau adanya perubahan posisi dari sebagian badan atau seluruh badan dari suatu makhluk hidup. Gerakan oleh makhluk hidup terjadi karena adanya rangsangan yang berasal dari sebagian atau seluruh tubuh makhluk hidup.
Manusia dan hewan memakai organ gerak untuk bergerak. Organ gerak ini dipakai untuk berenang, memanjat, melompat, memegang dan berjalan.
Manusia dan binatang mempunyai kesamaan pada organ gerak mereka. Ada dua jenis organ gerak yang dipakai oleh hewan dan manusia terdiri atas organ gerak aktif yang berupa otot dan organ pasif yang berupa tulang. Otot dan tulang bekerja sama untuk melakukan gerakan. Proses gerakan yang berasal dari tulang dan otot membentuk sistem gerak.
Tulang tidak bisa bergerak dengan sendirinya sehingga disebut alat gerak pasif. Tanpa adanya otot sebagai alat gerak aktif maka tulang akan diam saja tanpa gerakan. Tetapi meskipun begitu tulang sangat berperan penting dalam gerakan karena tulang memberi kekuatan dalam gerak.
Sebagai alat gerak aktif dalam tubuh, otot mempunyai senyawa kimia yang bisa membuatnya bergerak. Otot membuat tulang bergerak dengan menempel pada permukaan tulang.

Ide pokok
Paragraf 1
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Paragraf 2
Organ gerak pada manusia dan hewan
Paragraf 3
kesamaan Organ gerak pada hewan dan manusia
Paragraf 4
Tulang sebagai alat gerak pasif
Paragraf 5
Otot sebagai alat gerak aktif


Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf
1. Organ gerak terdiri atas dua macam.
Organ gerak manusia dan binatang terdiri atas dua jenis yaitu tulang dan otot.Tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan alat gerak aktif. Mereka bekerja bersama-sama untuk memberikan manusia dan binatang kekuatan dalam tubuhnya untuk bergerak.
2. Organ gerak banyak sekali fungsinya
Organ gerak yang dimiliki manusia dan hewan mempunyai banyak fungsi, seperti manusia melakukan gerakan untuk berjalan, memegang, menggigit, makan,menulis dan olahraga. Sedangkan hewan melakukan gerakan untuk berlari mengejar mangsa, makan, minum, menerkam, mencakar, dan lain-lain.
3. Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak.
Manusia memiliki organ tulang dan otot agar bisa bergerak, tanpa adanya organ tersebut manusia tidak bisa bergerak. Manusia akan diam saja di tempatnya tanpa bisa melakukan kegiatan apapun, maka dari itu kita harus bersyukur sudah diberikan organ gerak oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan selalu beribadah dan menjauhi segala larangannya.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain