Tuesday, January 5, 2016

Pengertian dan Manfaat Penghijauan

A. Pengertian Penghijauan
Penghijauan yaitu penanaman di tanah atau lahan yang kosong dengan pohon- pohonan agar udara menjadi sejuk dan bersih. Lingkungan adalah daerah atau kawasan yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku organisme. Sekolah adalah lembaga untuk belajar dan mengajar menurut tingkatannya.
B. Manfaat Penghijauan
Aktifitas di sekolah seperti belajar dan mengajar memerlukan penyempurna untuk menunjang kegiatan tersebut. Penghijauan merupakan bentuk penyempurna yang memasukan kegiatan manusia di dalamnya, sehingga secara langsung atau tidak langsung memberi manfaat pada kehidupan di sekolahnya. Karena itu penghijauan di lingkungan sekolah yang bentuknya berupa taman atau penanaman langsung akan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan di sekolah. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Manfaat fisik
a. Sarana kesehatan
Tanaman sebagai unsur utama penghijauan dapat mengatur dan membersihkan udara. Polutan-polutan yang berada di udara, contohnya  oksida nitrogen dan belerang yang bersenyawa dengan air hujan menimbulkan asam nitrat dan sulfat. Ditambah dengan banyaknya industri, pemukiman
dan juga alat transportasi yang menimbulkan gas yang membahayakan. Hijauan pepohonan dapat mengurangi polusi dan dalam proses respirasi menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia. Kerimbunan tanaman juga mampu memberikan kesegaran fisik bagi lingkungannya.
b. Pengatur iklim
Biasanya sekolah yang berada wilayah perkotaan mempunyai suhu yang tinggi karena kesibukan aktifitas di dalamnya. Kerimbunan tanaman dapat menurunkan suhu setempat dan menaikan kelembapan udara. Pohon dan tanaman dalam proses evaportranspirasi serta fungsinya sebagai penyerap radiasi, memerlukan panas sehingga akan menurunkan suhu lingkungannya.
c. Perlindungan
Tanaman yang rindang memberi perlindungan dari panas dan sinar matahari, angin, debu dan faktor lainnya. Hamparan rumput akan meredam silau, memantulkan cahaya hijau lembut, memberikan keteduhan dan kesehatan pada indera mata. Debu yang berterbangan ditangkap daun dan diturunkan ke bumi saat hujan atau siraman lainnya. Robinette mengatakan bahwa tanaman melaksanakan fungsinya, sebagai berikut:
1) Dedaunan yang berair akan meredam suara.
2) Cabang-cabang yang bergerak dan bergetar menyerap suara.
3) Daun yang lebat menjebak dan menahan butiran debu.
4) Dedaunan dan cabang-cabang menghambat cahaya.
5) Dedaunan yang jarang menyaring cahaya.
d. Penyedia air tanah
Penghijauan dengan tanaman akan memberikan kesempatan air hujan untuk diserap masuk ke dalam tanah. Air tanah ini merupakan cadangan yang tak ternilai bagi kehidupan manusia.
e. Penyeimbang alam
Tanaman akan mampu memberikan lingkungan hidup bagi makhluk. Akar Tanaman menerobos tanah, menggemburkan tanah, dan memberikan ruang hidup bagi mikroorganisme.ini menyuburkan tanah, tanaman dan terjadilah simbiosis. Tanaman juga memberikan kehidupan lain di atas tanah. Burung-burung dan serangga berkembang, membantu keseimbangan alam dan penyerbukan serta perkembangbiakan tanaman.
f. Pencegahan erosi
Air hujan yang deras diperlambat oleh dedaunan, meresap ke dalam tanah sehingga tidak timbul erosi percikan dan sebagainya. Akar tanaman dapat mengikat butir-butir tanah dan mengurangi erosi air. Di pantai tanaman dapat mencegah erosi air laut atau abrasi.
g. Pencipta lingkungan hidup
Perusakan lembah yang subur menjadikan gurun pasir yang gersang akibat kurang sadarnya manusia dalam pelestarian lingkungan hidup. Penghijauan sekolah diharapkan bisa memberikab warisan lingkungan hidup yang baik bagi generasi berikutnya secara layak.
2. Manfaat psikis
Alam telah dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Pencipta dengan keindahan yang beraneka ragam. Di dalam tanaman, keindahan akan muncul dari macam-macam jenis dan warna bunga, daun, lentur dan tegarnya batang, percabangan, akar yang indah dan bermacam keharuman bunga.
Manusia yang mempunyai citarasa akan keindahan-keindahan, cenderung menjadi manusia yang berpikir lembut, memiliki rasa seni dan daya piker yang tinggi, sehingga membangkitkan pula daya kreasi dan imajinasi yang tinggi pula.
Manfaat psikis yang lain adalah yang bersifat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan manusia mengenai tanaman akan bermanfaat bagi kesejahteraan hidupnya.
3. Manfaat sosial ekonomi
Kehidupan sosial perkotaan akan lebih baik dan sehat apabila tersedia ruang terbuka hijau yang cukup.terencana dan teratur. Kondisi ini akan memberikan pertumbuhan jiwa yang sehat dan positif bagi manusia setiap tingkat usia. Anak-anak dapat bermain di taman dengan aman, bukan di jalan yang penuh bahaya. Siswa dapat berolahraga dan tumbuh sehat jiwa raganya. Masyarakat luas dapat berekreasi, mengembalikan rasa segar dan bugar, membangkitkan kreasinya, dan bekerja kembali bagi kesejahteraan hidupnya.
Secara ekonomis, penghijauan pertamanan menimbulkan usaha-usaha berupa perbuatan dan cara merawat taman, menanam bibit tanaman hias, bunga dan usaha-usaha lainnya yang mampu menciptakan lapangan kerja, menampung banyak tenaga kerja, serta mampu memberi kehidupan yang layak kepada keluarganya. Siswa menata lingkungan dengan penghijauan dan pertamanan, lingkungan memberi dukungan kepentingan belajar siswa.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain