Sunday, September 4, 2016

Contoh bentuk interaksi sosial yang ada di daerah kamu

1. Contoh Kerjasama
- Masyarakat bergotong royong untuk membangun jalan desa yang telah lama rusak
- Siswa-siswa berkerja bakti untuk membersikan lingkungan sekolah dari sampah dan tumbuhan pengganggu

2. Contoh Akomodasi
- Dua orang yang bersengketa kepemilikan tanah sepakat untuk membawa persoalan itu ke pengadilan untuk diputuskan siapa yang berhak terhadap tanah tersebut.
- Setelah terjadi tawuran atau perkelahian antara dua kelompok pelajar dari dua sekolah yang berbeda kemudian mereka didamaikan melalui pertemuan dengan Dinas Pendidikan.

3. Contoh Asimilasi
- Orang India  yang datang ke Indonesia dan menetap lama di lingkuangannya, sehingga dia pandai berbahasa Indonesia dan lama-lama dialek bahasa awalnya menjadi tidak kentara lagi berganti dengan dialek Bahasa Indonesia.
- Makanan mie bakso yang berasal dari Cina, kemudian berkembang di Indonesia dan lama-kelamaan makanan tersebut diakui sebagai makanan masyarakat Indonesia.


4. Contoh Kompetisi
- Pertandingan Bola Voli antar RT yang memperebutkan Piala dari Kepala Desa dalam rangka memperingati HUT RI.
- Calon ketua Osis melakukan kampanye di depan siswa-siswa agar di pilih secara demokratis menjadi ketua Osis baru.

5. Contoh Kontravensi
- Ada seorang siswa meraih nilai yang bagus pada saat ulangan harian, tetapi ada siswa lain yang merasa tidak suka pada hasil ulangan siswa tersebut, rasa tidak suka dan iri hati tersebut disembunyikan jika bertemu dengan siswa yang nilainya bagus tadi.
- Ketua kelas membagi jadwal kelompok kebersihan kelas, tetapi ada siswa tidak setuju dengan jadwal tersebut, sehingga menimbulkan rasa tidak suka dan keengganan untuk melakukan tugas dengan baik.

6. Contoh Konflik
- Terjadi perkelahian antar pelajar setelah pulang sekolah.

- Terjadi pertentangan antara dua pendukung calon kepala desa sehingga terjadi tindak kekerasan yang sangat merugikan masyarakat.

6 comments:

Blog Saya Yang Lain