Tuesday, September 3, 2019

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Uraian ini merupakan jawaban dari tugas pada buku kelas VI SD tema 2.
Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?

Gambar di atas menunjukkan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta
Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut ?
Teks proklamasi menjadi tonggak bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan. Teks proklamasi disusun dan ditulis di ruang makan rumah laksamana Tadashi Maeda. Teks ditulis tangan oleh Ir. Soekarno dan kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Teks Proklamasi dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.
Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!
a. Apa
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
b. Mengapa
Karena ada keinginan bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan
c. Siapa
1. Ir. Soekarno
2. Moh. Hatta
3. Sayuti Melik
4. Laksamana Tadashi Maeda
5. B.M Diah
6. Sukarni
7. Soediro
d. Bagaimana
Setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu, kekosongan kekuasaan ini dipergunakan untuk melakukan proklamasi kemerdekaan oleh bangsa Indonesia agar terbebas dari penjajahan.
e. Kapan
17 Agustus 1945
f. Dimana
Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat

Diskusikan peta pikiranmu dengan temanmu!
Kamu dapat mengembangkan informasi pada peta pikiran tersebut dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia karena merupakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia. Peristiwa itu bermula dari tindakan Amerika Serikat yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Kejadian itu menjadi kesempatan bagi Bangsa Indonesia untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.
Pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945 di  rumah Laksamana Maeda disusun naskah proklamasi oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ahmad Soebardjo serta beberapa tokoh pemuda, seperti : BM.Diah, Sukarni, Soediro dan Sayuti Melik. Naskah Proklamasi ditulis tangan oleh Ir. Soekarno dan diketik oleh Sayuti Melik.Kemudian ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia.
Keesokharian dilakukan upacara pembacaan Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Ir. Soekarno membacakan proklamasi pada jam 10.00 WIB setelah sebelumnya menyampaikan pidato singkat tanpa teks. Pada upacara tersebut juga dikibarkan bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati.

Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!
1. Tonggak Sejarah Negara Indonesia
2. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia
3. Menaikkan Martabat Bangsa
4. Perjuangan sebagai Negara Baru
5. Pengakuan Kepada Dunia Luar

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain