Wednesday, June 17, 2020

Pengertian Penginderaan jauh


Penginderaan merupakan suatu usaha untuk mengetahui objek atau benda memakai sensor atau alat pengindera yang alami atau yang buatan. Sensor alami merupakan bagian alat indera kita seperti mata, hidung, kulit, telinga dan telinga. Sedangkan alat pengindera buatan seperti : scanner, radiometer, magnetometer dan kamera.


Wilson dan Buffon menyampaikan bahwa penginderaan jarak jauh adalah teknik dan ilmu atau seni untuk mendapatkan data suatu objek, daerah dan kejadian yang terjadi di dalamnya dengan memakai alat atau media yang tidak memerlukan kontak atau menyentuh secara langsung objek, daerah dan kejadian tersebut.

Sementara itu David T. Lindgren menjelaskan tentang penginderaan jarak jauh merupakan macam-macam teknik yang diteliti dan dikembangkan agar mendapatkan dan menganalisis fakta-fakta area dan gejala yang terjadi di bumi.

Secara umum bisa ditentukan bahwa pengertian penginderaan jarak jauh adalah suatu ilmu, seni serta teknik untuk mengamati suatu wilayah, benda, objek beserta gejala dan peristiwa yang terjadi di dalamnya dengan memakai suatu alat buatan yang memiliki sensor sehingga bisa mengambilnya dalam jarak jauh tanpa menyentuhnya.

Kamera, sonar, magnetometer dan radiometer merupakan contoh dari sensor buatan yang bisa digunakan dalam penginderaan jauh. Sensor-sensor itu memerlukan alat pembawa atau transportasi seperti pesawat terbang, satelit, drone, balon udara dan lain-lain. Sensor-sensor tersebut bisa berfungsi apabila terdapat suatu zat antara atau media. Secara alami zat ini terdapat di alam berupa atmosfer.

Secara umum suatu objek yang terdapat di permukaan bumi bisa memantulkan energi yang bisa ditangkap oleh sensor. Jangkauan spektrum menentukan mutu dari pemantulan yang diterima sensor. Dalam hal ini penginderaan jarak jauh biasanya memakai tenaga elektromagnetik dan spektrum infrared.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain