Friday, August 21, 2020

Bunga teratai

 Apakah kamu tahu tentang bunga teratai ?

Tumbuhan ini bisa hidup di air. Tanaman ini menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan mempunyai akar yang berada di bawah air. Sedangkan tangkai daun tumbuh menjalar yang menyebabkan daun teratai bisa mengapung di permukaan air.

Teratai mempunyai daun yang berbentuk bundar dan lebar. Bentuk seperti itu mempunyai fungsi untuk menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Sehingga mempunyai akibat terjadi penguapan air dan kemampuan berfotosintesis. Selain itu daun teratai mempunyai semacam larutan yang berfungsi sebagai pembersih daun.

Batang teratai memiliki rongga yang berada di dalamnya. Fungsi rongga itu sebagai pembawa oksigen ke batang dan akar. Walaupun posisi akar berada di dalam air akan tetapi masih bisa bernafas.

Bagaimana bunga teratai bisa beradaptasi dengan lingkungannya ?

Apa - Bunga teratai

Mengapa - Bunga teratai bisa di hidup air karena mempunyai akar di dalam air dan daun di permukaan air.

Siapa - Bunga teratai salah satu jenis tanaman yang bisa hidup di air.

Bagaimana - Untuk hidup bunga teratai beradaptasi dengan mempunyai daun yang lebar di permukaan air sehingga bisa melakukan fotosintesis dan mempunyai batang yang berongga sehingga bisa menyalurkan oksigen ke batang dan akar.

Kapan - Fotosintesis yang dilakukan oleh bunga teratai pada siang hari

Di mana - Bunga teratai hidup di air 

Tulislah laporan sesuai dengan informasi yang dibuat dalam peta pikiran !


Bunga Teratai

Bunga teratai merupakan tanaman yang bisa hidup di air. Tanaman ini beradaptasi dengan akar yang ada di dalam air dengan tangkai daun yang menjulur ke atas permukaan air dengan daun yang mengambang di atasnya. Daun tersebut mempunyai bentuk yang lebar yang berguna untuk penguapan dan fotosintesis pada siang hari.

Pada batang teratai mempunyai rongga-rongga yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke batang dan akar yang ada di bawah air. Meskipun akar tersebut berada di bawah air tetapi tetap mampu untuk bernafas.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain