Sunday, January 25, 2015

Fungsi sungai

a. Fungsi sungai untuk Rumah tangga
1. Menjadi tempat wisata atau rekreasi. Sungai yang pemandangannya indah dan bersih bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata .
2. Untuk keperluan air minum, untuk mencuci pakaian dan  mandi
3. Menjadi sumber pangan. Manusia dan binatang dapat  memperoleh sumber makanan dari sungai, contonya beberapa macam ikan, udang, kepiting dan lain-lain.
4. Menjadi fasilitas transportasi air lintas kabupaten atau provinsi.  Daerah yang dikelilingi oleh kawasan perairan banyak bergantung pada transportasi air melalui sungai. Hub
ungan antar daerah bisa terjalin lewat sungai .

b. Fungsi untuk Industri
1. Menjadi sumber energi. Aliran air yang sangat deras dipegunungan bisa memproduksi energi listrik melalui pembangkit tenaga air. Selain itu, arus pada sungai  bisa difungsikan sebagai energi pendorong perahu nelayan secara alami.
2. Menjadi tempat budidaya perikanan. Manusia bisa mengfungsikan perairan menjadi tempat usaha budidaya perikanan, misalnya tempat budidaya tambak udang dan tempat budidaya kerang penghasil mutiara.
3. Menjadi sumber mineral, misalnya pada kalium karbonat, dan banyal lagi
4. Menjadi sumber bahan pertambangan, misalnya minyak  bumi, LNG, biji timah. dll
5. Sebagai bahan dalam pemurnian air untuk industri makanan dan minuman
6. Sungai bisa dijadikan sarana transportasi hasil produksi dari industri yang ada di sekitarnya

c. Untuk Pengembangan  kreatifitas
1. Sungai bisa menjadi tempat untuk olah raga ski dan dayung sehingga kreatifitas warga meningkat.
2. Di sungai bisa dijadikan tempat pemancingan yang banyak dikunjungi wisatawan
3. Beberapa hasil sungai bisa dijadikan kerajinan tangan, misalnya : Eceng gondok bisa dijadikan alat-alat rumah tangga yang bisa bernilai ekonomi
4. Sungai bisa dijadikan tempat-tempat festival yang rakyat yang mempertunjukkan perahu hias dan berbagai pertunjukkan rakyat.
5. Sungai bisa dijadikan pasar terapung yang bisa menarik perhatian dari wisatawan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar


2 comments:

Blog Saya Yang Lain