Monday, January 19, 2015

Komoditi Hayati dan non hayati eksport Indonesia

1. Karet
Karet merupakan bahan baku produksi Ban, sebagian dari peralatan kesehatan, peralatan yang membutuhkan kelenturan dan tahan terhadap goncangan. disejumlah tempat seperti Perkebunan karet di daerah Jember biji karet dapat dibuat menjadi camilan yang sudah diproses dengan cara tetentu, dengan rasanya yang gurih namun tidak boleh berlebihan sebab terkadang bisa membuat kepala terasa pusing. Provinsi produsen karet terbesar adalah wilayah Sumatera Utara , Provinsi NAD , Provinsi Jatim , Provinsi Jateng , kepulauan Riau , dan wilayah Sumatera Selatan
2. Kelapa Sawit
Kelapa sawit adalah bahan baku yang biasa digunakan sebagai pembuat sabun, lilin, lem timah, dan mentega. Daerah - daerah produsen kelapa sawit : wilayah Sumatera Utara . wilayah Aceh Barat , wilayah Sumatera Utara , wilayah Kalimanta
n Timur dan kepulauan Riau.
3. Kopi
Kopi biasanya digunakan untuk membuat minuman yang sangat nikmat pada pagi atau setiap waktu.
Daerah produsen kopi, diantaranya : Provinsi Aceh , Provinsi Jawa Timur , Provinsi Jawa Barat , Provinsi Bengkulu , Provinsi Sumatera Utara , Provinsi Sulawesi Selatan , Provinsi Jambi , Provinsi Kalimantan Barat , Provinsi Kalimantan Tengah , Provinsi Maluku , Provinsi NTT , Provinsi Sulawesi Tenggara , Provinsi Sulawesi Utara , Provinsi Sumatera Selatan , dan Provinsi DI Yogyakarta.
4. Pala
Pala adalah salah satu rempah-rempah, pala juga bermanfaat sebagai tumbuhan produksi minyak atsiri yang kebanyakan dipakai pada industri pengalengan, produksi minuman dan kosmetik. Wilayah produsen pala , diantaranya Provinsi Bengkulu , Provinsi Maluku , Provinsi Papua , Provinsi Sulawesi Selatan , Provinsi Sulawesi Tenggara , dan Provinsi Sulawesi Utara.
5. Tembakau
Tembakau atau Tobacco ialah sejenis tumbuhan herbal dan salah satu bahan baku rokok Daerah produsen tembakau, dianataranya : Provinsi Jawa Timur , Provinsi Jawa Tengah , Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Jawa Tengah.
6. Cengkeh
Cengkeh ialah salah satu rempah-rempah purbakala yang sudah diketahui dan di pergunakan beberapa ribu tahun sebelum masehi. Daerah produsen cengkeh  tersebar di Provinsi Jambi , Provinsi Jawa Barat , Provinsi Jawa Tengah , Provinsi Jawa Timur , Provinsi Kalimantan Tengah , Provinsi Kalimantan Timur , Provinsi Maluku , Provinsi NTT , Provinsi Papua , kepulauan Riau , Provinsi Sulawesi Selatan , Provinsi Sulawesi Tenggara , Provinsi Sulawesi Utara , Provinsi Sumatera Selatan , dan Provinsi DI Yogyakarta.
7. Cokelat
Cokelat adalah tanaman dari daerah Amazon atau Orinoco, Amerika Selatan kurang lebih 4000 tahun yang lalu. Coklat biasa dimanfaatkan untuk bahan makanan dan kosmetik. Daerah produsen cokelat paling banyak tersebar di daerah Provinsi Jawa Barat , Provinsi Jawa Timur , Provinsi Kalimantan Timur , Provinsi Lampung , Provinsi Maluku , Provinsi NTT , Provinsi Papua , Provinsi Sulawesi Tenggara ,  Provinsi Sulawesi Utara , Provinsi DI.Yogyakarta , dan Provinsi Jawa Tengah.
8. Kayu Manis

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa penambahan kayu manis ke dalam pembuatan makanan pencuci mulut bisa menurunkan kadar gula pada darah tanpa mengurangi rasa manis. Para ahli di Malmo University Hospital Swedia mengindikasikan bahwa dengan memberikankan satu sendok teh atau lebih kayu manis pada semangkok pudding bisa menekan kadar gula pada darah. Kayu manis sangat banyak tersebar di wilayah Provinsi Jambi , Provinsi Sumatera Barat , dan Provinsi DI Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain