Friday, April 29, 2016

Hubungan Berat dan Massa

Meskipun pengertian kedua besaran berbeda, tetapi antara berat dan massa mempunyai hubungan kesebandingan, artinya jika massanya besar, maka berat benda juga besar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kejadian berikut. Jika kita memegang batu, maka kita merasakan berat yang lebih besar dibandingkan kita memegang buku tulis. Batu mempunyai massa yang lebih besar daripada buku tulis, sehingga gaya berat batu juga lebih besar.


Untuk menentukan massa suatu benda, kita menggunakan alat neraca timbang, sedangkan untuk menentukan berat suatu benda biasanya kita gunakan neraca pegas. Massa juga dapat diukur dengan neraca pegas, tetapi tingkat ketelitian pengukurannya tidak begitu baik.


Bagaimana hubungan antara massa dan berat? Jika suatu benda dilepaskan dari ketinggian tertentu, benda akan jatuh. Jika hambatan angin diabaikan maka satu-satunya gaya yang bekerja pada benda adalah gaya gravitasi bumi (berat benda). Benda akan mengalami gerak jatuh bebas dengan percepatan ke bawah sama dengan percepatan gravitasi. Hubungan antara berat dan massa suatu benda dirumuskan:



Perbandingan antara berat benda dan massa sebuah benda di tempat yang sama selalu tetap atau konstan. Perbandingan ini dinamakan percepatan gravitasi (g). Besar percepatan gravitasi bumi setiap tempat dipermukaan bumi tidak selalu sama. Hal itu tergantung dari kedudukan atau jarak permukaan terhadap pusat bumi. Karena percepatan gravitasi bumi berbeda, berat benda di permukaan bumi juga bergantung dari kedudukan permukaan terhadap pusat bumi.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain