Friday, April 29, 2016

Pengertian Berat

Berat diberi lambang "w" dari kata "weight". Bcrat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda. Jika gaya gravitasi di suatu tempat berbeda, maka berat benda tersebut juga berbeda. Berat benda di daerah katulistiwa berbeda dengan berat benda di daerah kutub karena besar gaya gravitasinya berbeda.
Demikian pula ketika kita membawa sebuah benda ke bulan, Ketika berada di bulan, berat benda tersebut hanya seperenam dari beratnya di bumi, karena gaya gravitasi di bulan enam kali lebih kecil dibandingkan dengan gaya gravitasi di bumi. Tetapi massa benda tersebut tetap sama. Benda tersebut tetap memiliki jumlah zat yang sama dan inersia juga sama. Sebuah batu ketika dibawa ke bulan, tetap menjadi batu dengan ukuran yang sama. Yang berbeda adalah beratnya karena gaya gravitasi yang bekerja pada batu tersebut.
Berat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda. Satuan berat adalah kg m/s2. Nama lain satuan berat adalah newton. Newton adalah satuan gaya, dengan demikian secara matematis kita sudah menunjukkan bahwa berat juga termasuk gaya.

Kemanakah arah gaya berat? Berat adalah gaya gravitasi bumi atau sering disebut gaya tarik bumi. Karena itu vektor berat selalu berarah tegak lurus pada permukaan bumi menuju ke pusat bumi. Dengan demikian vektor berat suatu benda di bumi selalu kita gambarkan berarah tegak lurus ke bawah di manapun posisi benda diletakkan, apakah pada bidang horizontal, pada bidang miring ataukah pada bidang tegak.
Perbedaan antara massa dan berat antara lain:
1. Massa adalah banyaknya partikel yang terkandung dalam suatu benda. Berat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda.
2. Massa memiliki satuan kg. Berat memiliki satuan N (newton).
3. Massa di setiap tempat nilainya tetap, tidak berubah. Berat di setiap tempat nilainya berubah-ubah.
4. Massa tidak dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Berat sangat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi.

5. Massa merupakan besaran skalar. Berat merupakan besaran vektor.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain