Saturday, October 1, 2016

Jelaskan pengertian interaksi sosial !

1. Pengertian dari inetraksi sosial yaitu hubungan yang terjadi secara dua arah atau timbal balik antara orang dengan orang, orang dengan kelompok serta kelompok dengan kelompok.
2. dan 3 Interaksi sosial bisa terlaksana dengan syarat adanya kontak atau pertemuan atau sentuan dengan orang lain dan adanya komunikasi dari kedua pihak yang bisa dimengerti dan menimbulkan tafsiran tentang tingkah laku dan perasaan orang lain.
4. Interaksi sosial sebagai kunci dari keseluruhan kehidupan sosial manusia, hal ini dikarenakan interaksi sosial yang membentuk hubungan antar manusia yang nantinya tercipta kehidupan bersama. Jadi jika interaksi sosial tidak ada maka manusia tidak bisa hidup bersama.
5. Perbedaan Asosiatif & Disosiatif
Proses Asosiatif merupakan proses sosial yang mempunyai arah menyatuan atau membuat kesatuan pandangan pada hubungan antar manusia. Asosiatif mempunyai kesn positif dalam proses sosial yang terdiri atas asimilasi, akomodasi dan kerjasama.
Proses disosiatif merupakan proses sosial yang memunculkan pertentangan, kerenggangan dan perpecahan dalam kehidupan antar manusia. Disosiatif mempunyai kesan negatif yang terdiri dari beberapa bentuk, yaitu : pertentangan, kontravensi dan kompetisi.
6. Hubungan Interaksi sosial dengan Lembaga Sosial
Interaksi sosial merupakan tahap pertama terjadinya lembaga sosial. Interaksi sosial menyebabkan adanya aktifitas  sosial, kemudian aktifitas sosial yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan adanya kebiasaan yang bisa diterima bersama yang akhirnya membentuk lembaga sosial.
7. Pengertian lembaga sosial yaitu : Semua sistem norma yang ada dimasyarakat yang dibentuk berdasarkan fungsi dan tujuannya di kehidupan masyarakat. Lembaga sosial adalah kumpulan norma-norma yang ada hubunganya dengan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan masyarakat.
8. Perbedaan Kebiasaan dan tata kelakuan jika dilihat dari taraf hukumannya, yaitu :
- kebiasaan : hanya diberikan hukuman ringan seperti teguran.
- Tata kelakuan : diberikan sanksi yang tegas, misalnya murid yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi dari sekolah.
9. jelaskan jenis lembaga sosial !
a. Lembaga Keluarga, Yaitu lembaga sosial yang paling kecil anggotanya yang terdiri atas Bapak, Ibu serta anak-anak.
b. Lembaga Agama, yaitu : Pengamalan keagamaan dan sistem keyakinan agama dalam kehidupan masyarakat yang sudah baku dan tetap yang bisa meningkatkan tertip sosial dalam masyarakat.
c. Lembaga Ekonomi, Yaitu sistem yang mengatur kegiatan dan interaksi masyarakat dalam upayanya untuk memenuhi kebutuhan.
d. Lembaga pendidikan, yaitu : lingkungan yang membentuk suatu sisitem yang memberikan pengajaran dan pendidikan agar seseorang bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
e. Lembaga Politik, yaitu : Lembaga yang menjalankan  kekuasaan dan wewenang dalam pemerintahan untuk mengatur kepentingan masyarakat supaya tercapai masyarakat yang teratur, tertib dan sejahtera.
10. Fungsi lembaga sosial :
a. Sebagai pedoman masyarakat untuk berbuat dan bersikap dalam menyikapi masalah yang mungkin terjadi di lingkungannya.
b. Terjadinya persatuan dan kesatuan antar anggota masyarakat.

c. Sebagai kontrol sosial atau pengawasan prilaku anggota masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain