Thursday, October 13, 2016

Pasca penyerahan kedaulatan, keadaan ekonomi di Indonesia makin memburuk. Mengapa demikian?

1. Keadaan ekonomi Indonesia yang memburuk pasca penyerahan kedaulatan, karena kesepakatan dalam KMB yang menyatakan Indonesia harus menanggung beban utang baik dari luar negeri atau dalam negeri. Beban itu membuat defisit keuangan negara sebesar Rp. 5.100.000.000. Dengan defisit sebesar itu, membuat perekonomian dalam negeri terganggu sehingga pembangunan juga tidak berjalan dengan baik.
2. Dampak positif sistem multipartai :

- Dalam memimpin pemerintahan, kalangan sipil bisa menjadi pemimpin atau kepala pemerintahan
- Kekuasaan negara bisa dibagi secara berimbang antara pemimpin negara dan pemimpin pemerintahan
- Rakyat bebas menyatakan pendapatan dan kehidupan yang lebih demokratis.
Dampak Negatif sistem multipartai :
- Jumlah partai yang banyak menyebabkan persaingan antar partai yang tidak sehat dan saling menjatuhkan di pemerintahan.
- Partai bersifat individualis, mereka cenderung mementingkan dirinya sendiri dan ideologinya, sehingga kurang memperhatikan keadaan rakyat.
3. Hubungan dekrit Presiden tahun 1959 dengan selesainya demkrasi liberal :
- Dekrit Presiden yang salah satunya berisi kembali ke UUD'45 otomatis menghentikan belakunya UUDS 1950 yang menganut demokrasi liberal dengan pememrintahan parlementer, kemudian digantikan dengan sistem demokrasi terpimpin dengan sistem pemerintahan presidensial.
4. Tujuan orde baru melaksanakan Inpres pendidikan dasar :
Pemerintah ingin meningkatkan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menikmati pendidikan, terutama untuk menyukseskan wajib belajar 6 tahun dan 9 tahun. Program ini mampu membangun kurang lebih 150.000 unit sekolah dasar sampai tahun 1993/1994.  Program ini mampu meningkatkan angka partisipasi sekolah dan bisa juga meningkatkan angka melek huruf penduduk Indonesia
5. Perlu ada inventarisasi, dokumentasi dan penelitian warisan budaya nasional :

- Karena supaya ada jaminan dan kegiatan untuk meneruskan warisan budaya dan kesenian yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Budaya dan seni itu sangat berharga dan harus dijaga dari generasi ke generasi dimasa depan.

1 comment:

Blog Saya Yang Lain