Wednesday, February 4, 2015

Faktor-faktor keberagaman Budaya Indonesia

Keberagaman penduduk di wilayah Indonesia diakibatkan oleh beberapa keadaan, baik yang datang berasal dari dalam ataupun luar masyarakat itu sendiri. Hal tersebut  juga dipengaruhi oleh keadaan alam, individu, dan kelompok masyarakat . Pada umumnya keberagaman masyarakat di wilayah Indonesia dikarenakan oleh:

1.  Letak strategis wilayah Indonesia
Coba kita amati posisi geogarfi wilayah Indonesia dalam peta dunia. Posisi Indonsia yang sangat stategis adalah di antara dua Samudera yaitu Samudera Indonesia atau hindia dan Samudera Pasifik,  serta diantar dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia yang mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi salah satu jalur perdagangan internasional tersibuk. Lalu lintas perdangangan bukan hanya membawa komoditas perdagangan, tetapi juga mempunyai pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya yang ada di Indonesia. Kedatangan para bangsa asing yang rasnya berbeda, kemudian tinggal di wilayah Indonesia menjadikan perbedaan ras. Juga dengan agama dan kepercayaan para pendatang asing.
2.  Keadaan negara kepulauan
Negara Indonesia terdiri dari beribu-ribu gugusan pulau yang secara fisik posisinya terpisah-pisah.  Hal ini yang menghambat hubungan antar masyarakat Indonesia dari pulau yang berbeda-beda wilayahnya. Setiap masyarakat di wilayah kepulauan mengembangkan kebiasaan dan budaya mereka sendiri - sendiri, mensesuai pada tingkatan perkembangan dan lingkungan masyarakat itu sendiri. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan suku bangsa, komunikasi (bahasa), kebiasaan (budaya), peran antara laki-laki dan perempuan, dan penganut kepercayaan atau agama.
3.  Perbedaan keadaan alam
Kondisi alam yang sangat berbeda seperti di daerah pantai / laut, dataran tinggi / pegunungan, daerah tanam subur, padang rumput (sabana), dataran rendah, wilayah genagan air (rawa) menyebabkan adanya perbedaan pada masyarakat. Juga keadaan kekayaan alam, potensi tanaman yang bisa tumbuh, hewan ternak / liar yang hidup di daerah sekitarnya. Penduduk di daerah pantai sangat berbeda dengan penduduk yang berada di pegunungan, seperti adanya perbedaan bentuk dan model rumah, mata pencaharian / pekerjaan, makanan pokok yang dikonsumsi, pakaian, budaya / kesenian, bahkan agama dan kepercayaan.
4. Kondisi transportasi dan komunikasi
Kemajuan yang pesat sarana transportasi dan komunikasi juga sangat mempengaruhi adanya perbedaan pada masyarakat yang ada di wilayah Indonesia. Kemudahan dalam sarana tersebut membawa mudahnya masyarakat di daerah satu berhubungan dengan masyarakat di daerah lain, walaupun jarak dan keadaan alam yang terbilang sangat sulit. Sebaliknya adanya sarana yang kurang atau terbatas juga akan memjadi penyebab banyak keberagaman masyarakat di wilayah Indonesia.
5. Penerimaan masyarakat terhadap adanya perubahan

Pandangan masyarakat tentang sesuatu yang termasuk baru baik yang masuk dari dalam ataupun luar suatu masyarakat yang sedikit banyaknya membawa pengaruh atas adanya perbedaan pada masyarakat di wilayah Indonesia. Ada suatu masyarakat yang sangat mudah untuk menerima orang adari luar (asing) atau kebudayaan lain, seperti pada masyarakat perkotaan. tetapi ada juga beberapa masyarakat yang masih saja mempertahankan budayanya sendiri, tidak mau untuk menerima kebudayaan dari luar.

1 comment:

Blog Saya Yang Lain