Wednesday, February 4, 2015

Sekilas tentang Pahlawan Nasional (tugas PKn)

Cut Nyak Dhien
Lahir di daerah Lampadang, wilayah Kerajaan Aceh, pada tahun 1848 dan meninggal dunia di Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 6 November 1908, disemanyamkan di Gunung Puyuh, Kabupaten Sumedang. Merupakan seorang Pahlawan wanita Nasional Indonesia yang berasal dari wilayah Aceh yang ikut berjuang dalam melawan penjajah Belanda pada waktu Perang di Aceh.

Cut Nyak Dhien terlahir dari keluarga yang bisa dibilang kalangan bangsawan yang sangat taat pada agama. Ayahandanya yang bernama Teuku Nanta Seutia, merupakan seorang uleebalang. Beliau memperoleh pendidikan agama dan rumah tangga yang terbilang sangat baik dari kedua orang tuanya dan juga para guru agama. Mereka ini membangun kepribadian beliau yang mempunyai sifat sabar/tabah, teguh pada pendirian, dan sangat tawakal.
Pangeran Antasari
Beliau dilahirkan di Kayu Tangi, Kesultanan Banjar tahun 1797, Pangeran Antasari wafat di Bayan Begok, Hindia-Belanda pada tanggal 11 Oktober 1862 merupakan  Pahlawan Nasional Indonesia.
Pangeran Antasari  merupakan Sultan Banjar yang dinobatkan Pada 14 Maret 1862 untuk memimpin  pemerintahan tertinggi pada Kesultanan Banjar yang memperoleh gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin.
Perjuangan dilakukan Pangeran Antasari beserta  tiga ratus prajurit  menyerbu pertambangan batu bara yang dimiliki Belanda di Pengaron pada tanggal 25 April 1859. Setelah berjuang terus menerus di tengah-tengah rakyat tanpa mengenal menyerah, Pangeran Antasari kemudian meninggal  di tengah-tengah pasukannya pada  11 Oktober 1862.
Ir. H. Soekarno
Ir. Soekarno yang mempunyai nama lahir yaitu Koesno Sosrodihardjo yang di lahirkan di kota Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta, pada tanggal 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. merupakan Presiden pertama republik Indonesia yang menjabat pada periode antara tahun 1945 samapi pada tahun 1966. Ia sangat berperan penting dalam usaha memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa asing. Ia merupakan Proklamator Kemerdekaan bangsa Indonesia, bersama dengan wakilnya Mohammad Hatta yang terjadi pada peristiwa pembacaan teks proklamasi tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno merupakan seorang yang pertama kali menggagas konsep dasar mengenai Pancasila yang dijadikan sebagai dasar negara Indonesia dan beliau sendiri yang memberikan nama Pancasila.
Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai
Dilahirkan di daerah Desa Carangsari, Petang, di Kabupaten Badung, Bali, wilayah Hindia Belanda, pada tanggal 30 Januari 1917 dan wafat di daerah Marga, kabupaten Tabanan, provinsi Bali, Indonesia, pada tanggal 20 November 1946 pada umur yang muda yaitu 29 tahun. merupakan seorang pahlawan Indonesia yang berasal dari Kabupaten Badung, wilayah Provinsi Bali.
Ngurah Rai terkenal karena mempunyai pasukan yang dinamai "TOKRING" KOTOK GARING melakukan pertempuran/perang terakhir yang diketahi dengan nama perang Puputan Margarana. (Puputan sendiri, mempunyai arti dalam bahasa bali, adalah "habis-habisan", sedangkan dalam bahasa bali Margarana yang memiliki arti "Pertempuran di Marga", Marga merupakan sebuah desa di wilayah ibukota kecamatan di daerah pelosok Kabupaten Tabanan, wilayah Provinsi Bali).
Ki Hadjar Dewantara
Dengan nama kecil Raden Mas Soewardi Soerjaningrat setelah itu sejak tahun 1922 berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara, dilahirkan di Provinsi Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889 dan wafat di Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 26 April 1959 pada usia 69 tahun merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Bansa Indonesia, kolumnis (penulis untuk koran ataupun majalah), politisi, dan pemrakarsa pendidikan bagi para kaum pribumi di Indonesia dari zaman kolonial penjajahan Bangsa Belanda. Ia merupakan seorang pendiri Perguruan Taman Siswa, ialah suatu lembaga pendidikan yang pada masa itu untuk memberikan kesempatan bagi para orang - orang pribumi jelata untuk dapat mendapatkan hak pendidikan yang sama seperti halnya para priyayi ataupun orang-orang kolonial Belanda.

1 comment:

Blog Saya Yang Lain