Friday, March 11, 2016

Pengertian Obligasi

Selain saham yang diperdagangkan dalam pasar modal, juga ada obligasi sebagai alternatif bagi investor untuk menanamkan modal. Obligasi mempunyai resiko yang lebih kecil daripada saham. Pengertian obligasi yaitu suatu surat atau serfikat yang dimikili oleh seseorang atau badan yang merupakan tanda bukti pemberian pinjaman oleh pemodal kepada yang diberi pinjaman yaitu emiten. Obligasi diterbitkan sebagai upaya suatu perusahaan unt
uk memperbesar modal yang mereka yang miliki. Obligasi merupakan cara cepat untuk mendapatkan dana segar bagi perusahaan.

Pemilik obligasi mempunyai keuntungan berupa bunga obligasi yang biasa dinamakan kupon. Kewajiban perusahaan yang menerbitkan obligasi adalah memberikan bunga tersebut sesuai dengan suku bunga yang berlaku di pasar modal. Besaran bunga obligasi sangat tergantung suku bunga bank. Jika bunga obligasi lebih tinggi dari dari bunga deposito maka investor lebih cenderung membeli obligasi. Tetapi jika bunga deposito lebih tinggi dari bunga obligasi maka investor akan menjual obligasi di pasar modal.


Nilai obligasi sangat tergantung besaran bunga yang mampu diberikan oleh perusahaan penerbit obligasi, semakin tinggi tingkat bunganya maka nilainya juga semakin meningkat. Selain itu kesehatan perusahaan juga menjadi tolak ukur nilai obligasi. Jika perusahan tersebut sehat dan bisa membayar bunga obligasi secara tetap dan teratur  maka nilai obligasi juga tinggi. Hal ini dikarenakan besarnya kekhawatiran pemilik obligasi yang perusahaannya tidak sehat, kebangkrutan perusahaan akan membuat bunga tidak terbayarkan dan itu merupakan kerugian besar bagi investor.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain