Friday, January 20, 2017

Mengapa Indonesia mengimpor smartphone padahal mempunyai kemampuan memproduksi sendiri

Indonesia masih impor smartphone padahal bisa memproduksi sendiri karena :
- Kebutuhan smartphone yang besar belum bisa dipenuhi oleh perusahaan di dalam negeri. Penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa menciptakan permintaan yang besar terhadap produk smartphone, hal ini juga dibarengi dengan peningkatan daya beli dan keinginan sebagian penduduk untuk memanfaatkan teknologi smartphone untuk komunikasi jarak jauh dan juga untuk hiburan secara mobile.
- Inovasi teknologi masih kalah dengan negara lain yang sudah memproduksi smartphone lebih dulu, secara teknologi dan fitur-fitur smarphone dalam negeri masih tertinggal dari negara lain, padahal penduduk Indonesia selalu menginginkan smartphone yang up to date, apalagi sekarang hampir setiap bulan produk-produk smartphone baru bermunculan dengan penambahan teknologi yang semakin canggih.
- Ada faktor selera dan pandangan merk, yaitu masyarakat masih menyukai merk-merk yang terkenal dari negara-negara seperti :Jepang, Korea, AS dan Eropa, sehingga produk dalam negeri kurang begitu diminati dan cenderung hanya sebagai produk kelas dua.

Tujuan Indonesia mengimpor  smartphone adalah :
- Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang semakin meningkat, penduduk Indonesia selalu ingin smartphone terbaru, sehingga kebutuhan itu harus dipenuhi.
- Untuk alih teknologi, dengan adanya smartphone terbaru maka pengusaan teknologi dalam masyarakat bisa meningkat dan tidak ketinggalan dari negara lain. Selain itu Indonesia bisa mengembangkan teknologi yang di impor tersebut agar bisa dibuat di dalam negeri.
- Peningkatan pendapatan negara dari bea masuk yang tinggi dari produk smartphone tersebut karena termasuk barang mewah.

Hubungan impor smartphone dengan kegiatan perdagangan internasional :

Impor smartphone adalah salah satu bagian dari perdagangan internasional, pada saat ini perdagangan internasional banyak dikuasai oleh produk-produk teknologi informasi seperti smartphone. Negara-negara yang punya kemampuan teknologi tinggi berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone-smartphone tercanggih untuk diekspor ke negara-negara lain yang sedang berkembang seperti ke Indonesia. Sedangkan Indonesia selain memproduksi sendiri juga mengimpor smartphone dari negara lain. Kegiatan ekspor impor ini yang turut membantu perkembangan kegiatan perdagangan internasional yang akan meningkatkan perekonomian dunia. 

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara mewujudkan perdagangan internasional

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain