Friday, April 14, 2017

Pembagian sebaran daerah fauna di dunia menurut Alfred Wallace

Alfred Russel Wallace membagi daerah persebaran fauna di permukaan bumi menjadi 6 yaitu :
1. Daerah ethiopian
Daerah Ethiopian merupakan kawasan daratan yang terdiri atas benua Afrika, pulau Madagaskar dan wilayah selatan arab. Pada kawasan ini keadaannya cenderung sama yaitu wilayah gurun yang kering. Gurun terluas di kawasan tersebut adalah gurun sahara. Pada kawasan ini kita akan menemukan beberapa jenis fauna seperti: Unta, kuda nil, babon, zebra dan lain-lain.
2. Daerah paleartik
Daerah ini jika dilihat dari permukaan bumi merupakan semua kawasan eurasia, kemudian sebagian dari wilayah Himalaya sampai ke Afganistan, sebagian Afrika, Jepang dan Inggris. Secara fisik lingkungan ini mempunyai temperatur yang sangat berbeda dan curah hujan yang sangat berbeda pula. Sehingga menghasilkan keberagaman jenis fauna, contoh fauna yang ada di sana yaitu: Panda, rusa, serigala, lynk dan Byson.
3. Daerah oriental
Daerah oriental jika dilihat di peta terdiri atas wilayah Selatan asia dan daerah Asia Tenggara termasuk wilayah Indonesia dan Filipina. Wilayah ini masuk pada iklim tropis sehingga banyak terdapat hutan hujan tropis. Sehingga kawasan
ini kaya akan jenis flora dan fauna yang sangat beraneka ragam. Fauna yang banyak kita temui di wilayah oriental yaitu: Gajah, harimau, badak bercula satu, beruang madu dan lain-lain.
4. Daerah Australis
Daerah ini ada di Selatan bumi yang terdiri atas benua Australia, kepulauan Maluku dan pulau Papua sampai ke selandia Baru. Jika dilihat dari kondisi iklimnya, kawasan ini sebagian besar beriklim tropis dan hanya sedikit daerah yang beriklim sedang. Jenis fauna nya pun agak berbeda dengan wilayah lain di bumi, hal ini dikarenakan kawasan ini agak jauh terpisah dari benua yang lain terutama benua Asia. Fauna wilayah Australis yaitu: Wallaby, koala, kangguru, kasuari, kiwi, platypus dan lain-lain.
5. Daerah neotropik
Dilihat dari peta daerah neotropik bisa kita lihat di kawasan negara Meksiko sampai ke Amerika Tengah dan berakhir di amerika Latin atau Amerika Selatan. Kondisi iklim disana sebagian besar merupakan iklim tropis sedangkan di bagian Selatan beriklim sedang. Kita bisa menemukan beberapa jenis hewan seperti: Ilama, anaconda, trenggiling, armadillo, kukang dan lain-lain.
6. Daerah neartik

Kawasan neartik yaitu terdiri atas Amerika bagian utara dan pulau Greenland. Disini ada 4 musim, sehingga memunculkan jenis hutan gugur, padang rumput yang luas di bagian tengah dan juga ada hutan conifer. Khusus untuk pulau Greenland sebagian besar wilayahnya sangat dingin dan ditutupi salju. Contoh hewan yang bisa kita temukan di daerah ini yaitu: Elang, salamander, kalkun, berang-berang, byson dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain