Wednesday, April 5, 2017

Persebaran tumbuhan di Indonesia

Adanya jenis-jenis tumbuhan di suatu daerah yang beranekaragam sangat dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor khususnya pada suhu udara dan curah hujan . Selain itu adanya cadangan air serta jenis tanah yang bagus juga bisa mempengaruhi suburnya suatu tanaman yang tumbuh di daerah tersebut. Jenis tanah yang berbeda mengakibatkan perbedaan jenis tumbuhan yang bisa berkembang misalnya tanah yang kering dengan jumlah air yang terbatas makan menyuburkan rumput sebagai Padang Sabana, sedangkan jika tersedia cadangan air dan hujan yang lebat sepanjang tahun dan tanah yang subur akan memunculkan hujan hutan hujan tropis.
Indonesia  sebagai negara yang mempunyai iklim tropis serta mempunyai curah hujan yang tinggi memiliki banyak sekali keanekaragaman tumbuhan atau flora yang bisa hidup dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Koppen, dia membagi jenis hutan di Indonesia menjadi 3 yaitu :

A. Indonesia barat
Indonesia Barat merupakan wilayah dalam iklim Af yaitu iklim tropis basah. Pada daerah iklim ini mempunyai curah hujan rata-rata 60 mm per bulan. Sehingga memunculkan hutan hujan tropis dengan karakter sebagai berikut :
- Terdapat banyak tumbuhan pakis dan anggrek
- Terdapat juga banyak tumbuhan merambat
- Dan terdapat pohon pohon yang mempunyai batang yang sangat tinggi besar serta berdaun lebat

B. Indonesia Tengah
Pada bagian kawasan Indonesia Tengah Koppen mengklasifikasikan termasuk pada iklim Am yaitu tropis sedang yang mempunyai curah hujan kurang dari 60 mm per bulan. Sehingga hutan-hutan kawasan Tengah Indonesia mempunyai karakteristik sebagai berikut
- Tanaman cenderung lebat dan subur pada saat musim hujan
- Sedangkan pada musim kemarau daun tanaman gugur
- Tinggi pohon lebih rendah daripada hutan di wilayah Indonesia Barat

C. Indonesia Timur

Pada kawasan Timur Indonesia Koppen mengklasifikasikan wilayah tersebut termasuk iklim Aw yaitu tropis kering artinya curah hujan di bawah 60 mm per bulan, dan curah hujan tersebut masih di bawah iklim Am. Pada wilayah ini banyak ditemukan sabana dengan padang rumput yang luas yang di dalamnya terdapat semak belukar serta pohon yang batangnya tidak tinggi.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain