Friday, May 26, 2017

Cara hidup bakteri

Cara hidup bakteri berdasarkan caranya memperoleh makanan bisa dijadikan menjadi 2 yaitu bakteri heterotrof dan bakteri autotrof:
1. Bakteri heterotrof
Bakteri ini mendapatkan makanannya yang terdiri atas senyawa organik dari organisme lain. Cara yang digunakan bisa melalui parasit atau mengambil makanan dari inang yang hidup dan saprofit atau menguraikan sisa-sisa ma yang telah mati. Contoh bakteri Parasit adalah mycobacterium tuberculosis yang bisa menyebabkan TBC, bacillus antraxis yang bisa menjadi pemicu penyakit antraks pada ternak dan clostridium Tetani yang bisa menjadi pemicu penyakit tetanus. Sedangkan contoh bakteri saprofit misalnya lactobacillus bulgaricus dan escherichia coli.
2. Bakteri autotrof
Bakteri yang satu ini bisa membuat makanannya sendiri. Jenis bakteri autotrof bisa dibedakan menjadi dua yaitu: Pertama, bakteri kemoautotrof yaitu bakteri yang bisa memakai energi kimia dalam membuat makanan, energi kimia tersebut diperoleh dari proses oksidasi senyawa anorganik. Kedua, bakteri fotoautotrof yang memakai energi dari sinar matahari untuk membuat makanannya.
Pertama, bakteri kemoautotrof yaitu bakteri yang bisa memakai energi kimia dalam membuat makanan, energi kimia tersebut diperoleh dari proses oksidasi senyawa anorganik. Kedua, bakteri fotoautotrof yang memakai energi dari sinar matahari untuk membuat makanannya.

Selain itu ada dua jenis bakteri lain yang terdiri atas bakteri aerob dan bakteri anaerob.
1. Bakteri aerob
Merupakan bakteri yang membutuhkan oksigen. Contohnya nitrosococcus dan nitrobacter.
2. Bakteri anaerob

Bakteri ini tidak membutuhkan oksigen, contohnya anaerob obligat dan clostridium Tetani.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain