Sunday, May 28, 2017

Perkembangbiakan pada tumbuhan

Ada dua jenis perkembangbiakan pada tumbuhan yaitu:
1. Vegetatif
A. Vegetatif secara alami
1) Geragih atau stolon
pengertiannya adalah batang yang merambat di permukaan tanah, misalnya pohon pegagan, stroberi dan rumput teki.
2) Rizoma
Batang yang bisa tumbuh mendatar di dalam tanah, jamu kunyit, jahe dan ilalang
3) tunas
Sesuatu yang bisa tumbuh dari akar, pangkal batang atau daun. Contohnya: Untuk tunas batang yaitu pisang dan bambu, untuk tunas akar yaitu cemara dan kesemek, sedangkan tunas daun yaitu daun cocor bebek.
4) Spora
Pengrajin untuk pada Kotak spora atau disebut sporangium, misalnya pada lumut dan tumbuhan paku.
5) umbi akar
Perkembangbiakan ini terjadi pada akar yang membesar yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan cadangan makanan serta tidak memiliki mata tunas. Misalnya wortel dan bunga dahlia.
6) umbi batang
Bagian ini merupakan batang yang bisa tumbuh menggelembung di dalam tanah. Misalnya ubi jalar dan Talas.
7) umbi lapis
Bagian dari pelepah daun yang berbentuk seperti berlapis-lapis. Dan pada bawahnya terdapat akar serabut. Misalnya  bawang bombay dan bawang putih.

B. Vegetatif buatan
Cara perkembangbiakan yg dilakukan melalui campur tangan manusia tujuannya untuk mendapatkan individu yang lebih baik daripada induknya.
1) okulasi
Cara ini dilakukan dengan menempel mata Tunas dari individu suatu tanaman dengan batang dari tanaman lain. Hal ini bertujuan untuk menggabungkan sifat-sifat pada kedua tanaman tersebut. Contohnya Batang mangga manalagi di okulasi dengan mata Tunas mangga aku manis kan nanti diharapkan menghasilkan maka yang merupakan perpaduan dari tanaman tersebut.
2) mengenten
Istilah lainnya adalah menyambung yaitu menggabungkan batang bawah suatu tanaman dengan batang atas tanaman lainnya yang sejenis. Misalnya batang bawah durian montong dengan durian lokal diharapkan tanaman yang dihasilkan nanti bisa besar-  besar seperti durian montong dan rasanya manis seperti durian lokal.
3) Merunduk
Cara ini dilakukan dengan membenamkan sebagian batang ke dalam tanah. Batang yang tertanam tersebut diharapkan muncul akar bahu yang bisa dikembangbiakkan. Misalnya tanaman tebu dan melati.
4) Setek
Cara ini dilaksanakan dengan menanam  potongan batang atau daunnya. Contoh dari setek batang adalah ketela pohon tebu sedangkan contoh setek daun adalah cocok bebek dengan sanseviera.
5) cangkok
Cara ini tujuan untuk mempercepat perkembangbiakan tumbuhan dengan cara mengelupas Kulit batang kemudian bagian yang terkelupas lagi diberikan segumpal tanah kemudian dibungkus dengan plastik. Tumbuhan yang bisa dicangkok biasanya adalah tumbuhan dikotil misalnya jambu jeruk dan mangga.


2. Genaratif

Perkembangbiakan ini dilakukan oleh tumbuhan secara kawin melalui bagian bunga. Proses kembangbiakan melalui penyerbukan dan pembuahan. Arti penyerbukan yaitu Jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Sedangkan pembuahan yaitu meleburnya sel sperma dengan sel telur. jika pembuahan ini berhasil maka akan muncul biji. Contohnya adalah tanaman rambutan dan mangga.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain