Thursday, May 25, 2017

Jenis-jenis Cerita fiksi

Cerita fiksi yaitu tulisan yang menyajikan cerita yang bersifat fiksi atau tidak nyata. Secara umum cerita fiksi bisa dibedakan menjadi 4 jenis yaitu:
1. Dongeng
Dongeng merupakan bentuk cerita yang bersifat khayal dan ajaib yang berasal  dari mulut ke mulut biasanya di ceritakan dari generasi ke generasi. Dongeng bertujuan sebagai cerita untuk menghilangkan kesedihan dan mendatangkan kegembiraan. Dalam dongeng banyak terkandung nilai-nilai moral dan nasehat bagi pembaca atau pendengarnya.
Dongeng bisa dibagi menjadi beberapa jenis :
a. Sage
Yaitu merupakan jenis dongeng yang berhubungan pada suatu kejadian atau peristiwa yang ada kaitanya dengan sejarah. Contohnya: Lutung Kasarung dan damarwulan
b. mite
Mite adalah jenis dongeng yang menyangkut suatu kepercayaan dalam masyarakat. Misalnya : Cerita tentang Dewi Sri adalah ratu Padi.
c. Legenda
Legenda merupakan jenis dongeng yang bersifat khayal untuk menjelaskan tentang terjadinya suatu daerah foto tempat-tempat lainnya. Contohnya adalah tangkuban Perahu dan asal-usul Banyuwangi.
d. Fabel
Fabel yaitu sejenisdongeng yang berisikan cerita hewan hewan yang mempunyayi tingkah laku yang mirip dengan manusia. Contohnya adalah si Kancil dan peladuk jenaka.

e. dongeng lucu merupakan cerita fiktif yang berisikan kisah atau perjalanan suatu tokoh yang menimbulkan kelucuan atau humor. Contoh lebai malang dan Abu Nawas.
2. Novel
Novel adalah suatu cerita yang menceritakan tentang  kisah hidup manusia pada kurun waktu tak tentu dalam hidupnya dan belum ada penyelesaian secara sempurna. Contoh: Koala kumal dan ketika Cinta Bertasbih. 

3. Cerpen atau cerita pendek
Cerpen merupakan cerita suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas dan biasanya tidak ada penyelesaian dalam akhir cerita. Contoh cinta laki-laki dan sepotong cinta dalam diam.
4. Roman
Roman yaitu suatu cerita yang berkisah tentang percintaan. Contoh: layar terkembang dan siti Nurbaya.

29 comments:

  1. Makasih ya... udah membantu banget...

    ReplyDelete
  2. makasih, ini membantu banget pr aku :)

    ReplyDelete
  3. Mantap yg kasih tau jawabannya

    ReplyDelete
  4. Makasih, sangat membantu PR adekku.
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  5. Makasih banget jadi pr ku dah selesai

    ReplyDelete
  6. sedikit koreksi. Roman bukanlah cerita yang memuat kisah percintaan. Roman adalah kisah mendetail dan bersambung sedari ia lahir sampai ia meninggal. Dengan menuliskan kejadian dan perasaan dalam batin dan lahirnya. Ada Roman petualangan, roman psikologi dan ada roman cinta. Sekian, terima kasih. Blog ini bagus sekali :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih...sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Makasih ya kak....... Sangat membantuuuu.....

    ReplyDelete
  9. Makasih kak...ini membantu bangetπŸ™‚

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain