Monday, August 13, 2018

Kelompokanlah negara-negara Asia dengan persentase penduduk perkotaannya lebih 50 persen & kurang 50 persen.


Tulislah di tabel di bawah ini.

Negara yang Penduduk Perkotaannya
Kurang dari 50 Persen
Negara yang Penduduk Perkotaannya
Lebih dari 50 Persen
India
Singapura
Thailand
Jepang
Vietnam
Korea Selatan
Myanmar
Brunei Darussalam
Mongolia
Arab Saudi
Laos
Uni Emirat Arab
Nepal
China
Bangladesh
Malaysia

Carilah informasi tentang kondisi ekonomi, sosial, politik dan pendidikan salah satu negara :
- Negara dengan jumlah penduduk kota kurang dari 50 persen

Vietnam
Ekonomi
Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang beribukota di Hanoi. Vietnam adalah negara yang baru bangkit dari keterpurukan ekonomi karena perang saudara. Saat ini Vietnam sudah mulai membangun negaranya dengan tahap pembangunan setiap lima tahun. Bidang pertanian masih menjadi sektor utama dalam perekonomian didukung dengan industri yang mulai berkembang cepat. Pendapatan nasional Vietnam mencapai 547 Miliar Dolar Amerika dengan pendapatan per kapita mencapai US$ 2.233 per tahun pada tahun 2015. Pendapatan per kapita itu merupakan rangking ke 131 dunia. Vietnam termasuk negara berkembang dengan angka kemiskinan yang masih tinggi, tetapi dengan keterbukaan ekonomi telah mampu mengurangi kemiskinan secara signifikan.
Sosial
Jumlah penduduk Vietnam mencapai 90 juta pada tahun 2012. Suku terbesar adalah etnis Viet atau Kinh, selanjutnya ada etnis Muong yang tinggal di daerah pegunungan dan etnis Hoa dan Khmer yang banyak bertempat tinggal di daerah dataran rendah. Bahasa yang digunakan oleh warga adalah bahasa Vietnam yang berperan sebagai Bahasa Ibu dan dituturkan oleh 86 % warga Vietnam. Berdasarkan sensus penduduk 1999 menunjukkan bahwa 80% penduduk Vietnam tidak beragama atau menganut agama lokal. Selebihnya beragama Budha, Katolik, Protestan, Hindu dan Islam.
Politik
Vietnam menganut sistem pemerintahan satu partai dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Majelis Nasional Vietnam merupakan lembaga legislatif dengan anggota dewan sebanyak 498 orang. Tugas utama dari Majelis Nasional Vietnam yaitu membuat undang-undang negara dan kedudukannya lebih tinggi daripada eksekutif & yudikatif.
Pendidikan
Pendidikan di Vietnam sudah dibangun  dengan baik, hal ini terbukti dengan mampunya Vietnam menjadi urutan ke 12 negara terbaik di dunia dalam kemampuan menguasai pelajaran Ilmu pengetahuan, Matematika dan membaca. Hal ini tak terlepas dari kerja keras pemerintah dalam memberikan pembangunan pendidikan  21% APBN untuk pendidikan. Tetapi masih ada 17% anak usia sekolah yang masih belum sekolah. Hal ini masih menjadi tantangan bagi pemerintah untuk mengatasinya.

- Negara dengan jumlah penduduk kota lebih dari 50 persen.

Jepang
Ekonomi
Jepang menjadi negara yang ekonominya nomor 2 terbesar di dunia. Sampai saat ini pendapatan nasional mencapai 4,5 triliun dollar Amerika dengan pendapatan perkapita mencapai 38.731 dolar Amerika per tahun. Jepang menghasilkan produk-produk industri berteknologi tinggi dan juga maju dalam industri jasa dan perbankan yang menjadikan Jepang menjadi negara maju dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi.
Sosial
Masyarakat cenderung homogen dengan satu suku dominan yaitu suku Yamato dan sedikit suku minoritas yaitu suku Ainu dan suku Ryukyu. Angka harapan hidup di Jepang sangat tinggi yaitu 81,25 tahun, hal ini dikarenakan bagusnya mutu layanan kesehatan dan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi. Angka kemiskinan dan pengangguran juga sangat kecil. Tetapi saat ini Jepang menghadapi masalah penduduknya yang semakin menua karena laju pertumbuhan penduduk yang rendah dengan angka kelahiran yang rendah. Bahkan jumlah penduduk Jepang cenderung menurun.
Politik
Jepang merupakan negara monarki konstitusional dengan Kaisar sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Parlemen di Jepang terdiri atas dua lembaga yaitu Majelis Tinggi dan Majelis Rendah. Majelis Tinggi dipilih setiap 6 tahun sekali sebanyak 242 orang dan Majelis Rendah setiap 4 tahun sekali dengan jumlah anggota 480 orang. Perdana Menteri dipilih oleh Parlemen, karena sering terjadi perbedaan antar anggota parlemen menjadikan sering terjadi pergantian  perdana menteri dalam waktu yang singkat. Tetapi pergantian perdana menteri tidak mempengaruhi stabilitas nasional karena adanya Kaisar sebagai kepala negara.
Pendidikan
Jepang mewajibkan setiap warganya untuk menempuh sekolah selama 9 tahun. Angka melek huruf mencapai 99%. Hampir 76% penduduk melanjutkan ke perguruan tinggi. Universitas-universitas di Jepang merupakan yang terbaik di dunia yang menghasilkan sarjana-sarjana terbaik dunia yang ikut membantu perekonomian Jepang menjadi negara maju. Dari segi keterampilan dan pengetahuan, Jepang merupakan negara terbaik nomor 6 terbaik di dunia.

24 comments:

  1. Orang yang posting ini pasti orangnya baik dan pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh bener bangetttt. TQ QAQA, saya selaku siswa yg sudah terbantu saya akan mewakili ucapan trimakasih dari saya dan kawan2 sayaa. 卡西, arigato, matur nuwun, gomawoo

      Delete
  2. Thanks ya, sangat membantu sekali🙏

    ReplyDelete
  3. makasih banyak kakk,, membantu bangett💛🌟

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain