Tuesday, August 14, 2018

Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?


1. Bagian dari pedalaman suatu benua kepadatan penduduknya lebih rendah daripada bagian pesisir karena :
a. Bagian pedalaman benua biasanya beriklim kering dengan sedikit hujan sehingga sulit mendapatkan air. Hal ini seperti di benua Australia dan Afrika yang bagian pedalaman merupakan gurun yang kering.
b. Bagian pedalaman pada umumnya terdiri atas pegunungan yang berbukit-bukit sehingga sulit dibuat pemukiman.
c. Bagian pesisir merupakan tempat pelabuhan-pelabuhan besar tempat jalur perdagangan internasional sehingga banyak penduduk yang tinggal di sana karena kemudahan transportasi tersebut.
d. Banyak kota-kota besar dunia yang ada di pinggir pantai sehingga menjadi pusat industri dan jasa yang mendorong terjadinya urbanisasi ke daerah-daerah pesisir.
e. Daerah pesisir cenderung memiliki curah hujan yang tinggi dan iklimnya yang sejuk sehingga banyak penduduk yang memilih tinggal di sana.

2. Pantai bagian barat negara Inggris curah hujannya lebih besar daripada wilayah lainnya  karena :
Karena wilayah barat Inggris berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik yang luas sehingga apabila angin bergerak ke timur maka wilayah barat paling banyak menerima uap air dari samudera Atlantik sehingga sering terjadi hujan di wilayah tersebut.

3. Australia memiliki flora dan fauna yang unik karena :
a. Letak Australia yang terpisah dari daratan lainnya sehingga Australia terisolir  sejak berjuta tahun sehingga memunculkan flora dan fauna khas yang berbeda dengan daratan lainnya di Bumi.
b. Iklim Australia yang khas dengan gurun yang luas menjadikan sebagian flora dan fauna melakukan adaptasi secara evolusi yang memunculkan cara hidup yang unik dari masing-masing flora dan fauna di Australia.

4. Sebaran penduduk Benua Asia dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah
Penduduk Asia terbesar di dunia dengan jumlah penduduk tertinggi di 3 negara yaitu China, India dan Indonesia. Sebagian besar penduduk Asia hidup di daerah pesisir dekat dengan pantai dan pelabuhan. Selain itu juga terdapat penduduk yang hidup di daerah tengah yang ada di daerah yang subur karena sebagian besar penduduk Asia merupakan petani. Sedangkan bagian tengah Benua yang berupa gurun dengan iklim yang kering penduduknya cenderung sedikit karena wilayahnya kurang subur.
Faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran penduduk Asia :
a. Iklim : daerah yang banyak hujannya akan dihuni banyak penduduk dan daerah kering di bagian tengah Asia penduduknya sedikit.
b. Letak Geografis : Daerah dekat pantai lebih dipilih lebih untuk pemukiman penduduk dan menjadi kota pelabuhan utama seperti : Jakarta, Singapura, Shanghai, Hong Kong dan lain-lain.
c. Kesuburan tanah : Daerah yang subur lebih disukai karena sebagian besar penduduk Asia merupakan petani.

5. Negara di Benua Eropa mempunyai angka kelahiran & kematian rendah karena :
a. Kemajuan bidang kesehatan yang meningkatkan angka harapan hidup dan penggunaan alat kontrasepsi yang bisa membatasi angka kelahiran penduduk.
b. Tingkat pendapatan yang tinggi memicu penduduk untuk terus mengejar karir pekerjaan sehingga melupakan kehidupan berkeluarga dan memiliki anak.
c. Tingginya harga kebutuhan hidup sehingga memiliki anak merupakan beban tersendiri bagi orang tua sehingga jumlah anak menjadi sedikit.
d. Pola hidup sehat dari penduduk eropa dengan olahraga dan makanan yang sehat bisa meningkatkan angka harapan hidup.

18 comments:

Blog Saya Yang Lain