Saturday, March 25, 2017

Teori mana yang menurut pendapatmu paling kuat terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia

Berdasarkan pendapat pendapat dari para ahli yang terdiri atas tiga pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia yaitu : yang pertama teori Mekkah, yang kedua teori Gujarat dan yang ketiga teori Persia.

Menurut pendapat kami teori yang paling kuat adalah teori Mekkah,  yaitu bahwa Islam datang ke Indonesia dari wilayah Arab Teori ini disampaikan oleh salah satu ulama besar Indonesia yaitu dia Buya Hamka. Teori ini juga dikuatkan oleh ahli lain yaitu Anthony H.Johns. Mengapa teori ini mempunyai kelebihan daripada teori yang lain ? yaitu terdapat bukti-bukti Bawah sebagian besar masyarakat Indonesia sampai saat ini adalah penganut mazhab Syafi’i,  dimana kini sejak awal perkembangan Islam,  mazhab Syafi’i sudah dianut oleh sebagian masyarakat Mekah.
Selain itu hubungan yang erat antara penduduk semenanjung Arab dengan bangsa Nusantara sudah terjadi sejak lama melalui perdagangan. Hal ini semakin diperkuat juga dengan adanya catatan dari china pada masa Dinasti Tang yang menyebutkan bahwa sekitar abad ke 7 telah ada pemukiman Arab di Barus yaitu wilayah pantai barat Sumatera sekarang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Barus merupakan kota Niaga yang tadi itu sangat terkenal di seluruh dunia dimana di kota ini banyak dihasilkan wawangian yang sekarang dikenal kapur barus. Pedagang dari seluruh dunia termasuk dari Arab melakukan perdagangan di kota ini.  Karena jarak yang begitu jauh seringkali mereka tinggal untuk jangka waktu yang lama di Barus. Hal inilah memunculkan pemukiman dari warga Arab yang beragama Islam di pesisir Kota Barus, maka selanjutnya terjadi asimilasi dengan penduduk sekitar yang membuat Islam masuk ke nusantara untuk pertama kalinya di kota ini.


Pemerintah Indonesia juga mengakui bahwa Barus merupakan pintu gerbang masuknya ke Nusantara. Presiden Republik Indonesia Papak Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2017 meresmikan monumen titik nol kilometer masuknya Islam ke Nusantara di kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara.

11 comments:

Blog Saya Yang Lain