Thursday, June 1, 2017

Apa itu laut ?

pengertian laut yaitu sekumpulan air air asin yang ada di sebagian besar permukaan bumi. Jika dilihat dari peta maka laut posisinya sebagai penghubung sekaligus pemisah suatu benua dengan yang lainnya atau suatu pulau dengan pulau yang lainnya. Volume air laut sangat besar sehingga membentuk suatu badan air yang luas yang meliputi 71% permukaan planet bumi. Lautan yang ada di bumi ini memiliki kedalaman rata-rata 3.795 meter dan merupakan tempat hidup sebagian besar makhluk air yang ada di bumi. Sedangkan bagian bumi lainnya sekitar 29% adalah daratan dan mempunyai ketinggian rata-rata 840 meter.
Kandungan air laut terdiri atas 96,5% merupakan air murni sedangkan sisanya 3,5 merupakan zat-zat yang lain seperti garam, gas, bahan organik dan partikel yang tidak terlarut.
Bagaimana terbentuknya laut ?
Sebagian para ahli memperkirakan bawah laut muncul 4,4 miliar tahun yang lalu. Permulaannya air laut sangat asam dengan suhu sangat tinggi mencapai 100 derajat Celcius karena pada saat itu bumi juga masih sangat panas suhunya. Keasaman itu dikarenakan pada saat itu bumi mempunyai atmosfer yang penuh dengan karbondioksida dan keasaman inilah yang menyebabkan terjadinya pelapukan dan menjadikan air laut terasa asin sampai saat ini.
Dari mana asal air laut ?

Volume atau jumlah air di permukaan planet bumi sifatnya tetap dan tidak pernah berubah. Siklus air menjaga kelestarian jumlah air tersebut, ketika air menguap ke udara maka air tersebut akan mengalami pendinginan di atmosfer, kemudian akan berubah menjadi awan, lalu dia akan turun menjadi hujan dan ketika hujan jatuh maka air akan kembali lagi ke laut kemudian menguap lagi ke udara, begitu seterusnya makanya disebut siklus air.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain