Monday, November 6, 2017

Pengertian redistribusi pendapatan

Berbagai usaha dalam pembangunan dari sejak zaman kemerdekaan sampai pada saat ini  telah menunjukkan hasil-hasil pembangunan yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari besarnya pendapatan nasional yang dimiliki oleh Indonesia. Tetapi pendapatan nasional yang besar tersebut tidak diiringi dengan distribusi yang merata kepada seluruh rakyat Indonesia. Kesenjangan sosial dan ekonomi masih terlihat jelas antara penduduk yang  kaya dengan penduduk yang masih dalam kemiskinan.

Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok


Pengertian redistribusi pendapatan
Secara umum pengertian dari  redistribusi pendapatan yaitu upaya untuk mendistribusikan kembali pendapatan dari kelompok masyarakat yang kaya kepada kelompok masyarakat yang miskin dengan cara pungutan-pungutan atau pajak.Upaya redistribusi pendapatan merupakan bentuk dari jaminan sosial yang menjadi kewajiban negara kepada masyarakatnya. Program jaminan sosial seperti ini haruslah mempunyai manfaat yang menguntungkan sebagai sebuah investasi sosial untuk jangka panjang kehidupan masyarakat yang dilandasi oleh solidaritas sosial dan redistribusi pendapatan. Bentuk redistribusi pendapatan bisa dibagi dua yaitu :
A.  redistribusi horizontal
Penyebutan  redistribusi dilakukan oleh orang per orang yang mempunyai tingkat sosial yang sama. Dari distribusi Ini bisa juga dilakukan dari satu kelompok masyarakat kepada kelompok masyarakat yang lain yang mempunyai taraf kehidupan yang sama. Contohnya misalnya orang tua yang memberikan jaminan sosial kepada anaknya, orang sakit yang membayar jaminan sosial ketika dia sehat, dan seorang pensiunan mendapatkan jaminan sosial dari dana pensiun yang dia bayarkan setiap bulan ketika masih bekerja.
B.  redistribusi vertikal
Redistribusi ini merupakan bentuk transfer  materi atau uang yang berasal dari orang yang kaya kepada orang yang lebih miskin. Hal ini terlihat jika warga yang mempunyai ekonomi lebih tinggi bisa membantu warga yang mempunyai ekonomi lebih rendah misalnya: pemberian modal usaha dari orang kaya kepada orang miskin sehingga diharapkan  bisa mengurangi kesenjangan sosial.

2 comments:

Blog Saya Yang Lain