Monday, January 15, 2018

Kerajinan limbah cangkang kerang

Wilayah Indonesia yang luas menghasilkan beraneka ragam komoditi laut untuk keperluan dalam  negeri maupun ekspor. Salah satu komoditi tersebut berupa aneka jenis kerang yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kerang biasanya hanya diambil dagingnya saja dan cangkangnya buang menjadi sampah. Limbah cangkang tersebut sebenarnya bisa digunakan sebagai bahan dasar kerajinan yang bisa mempunyai nilai ekonomi tinggi. Berbagai jenis kerajinan bisa dibuat dari kulit kerang, dari alat-alat rumah tangga,  mainan, lukisan, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk proses pengolahan dari cangkang kerang yang bisa diambil di sekitar pantai adalah sebagai berikut:
1. Cangkang kerang diseleksi dan dipilah-pilah menurut bentuk, ukuran dan jenisnya.
2. Mencuci cangkang kerang dengan air yang mengalir dan bisa direndam pada larutan natrium soda supaya daging masih melekat di cangkang bisa larut, selain itu bisa menghiangkan bau dan kotoran
3. Mengeringkan cangkang kerang dengan sinar matahari tidak secara langsung supaya kualitas kerang tetap baik
4. Pemotongan bahan cangkang, diamplas dan dikikir sesuai dengan kebutuhan
5. Cangkang sudah siap untuk dipakai sebagai bahan yang akan dibentuk sesuai dengan rancangan kerajinan yang akan dibuat

Bahan-bahan yang digunakan untuk kerajinan cangkang Kerang
Ada beberapa jenis kerang yang bisa digunakan untuk kerajinan cangkang kerang misalnya: Kerang hijau, kerang darah dan kerang lokan. Diperlukan bahan lain untuk tambahan memperindah hasil kerajinan seperti :  manik-manik, perak, isi lem tembak dan mata-mataan.
Alat-alat yang digunakan untuk membuat kerajinan cangkang kerang, berupa : amplas, lem tembak dan  kikir,  selain itu digunakan gerinda yang berguna menghaluskan dan memotong bagian yang tidak diperlukan. 
Produk yang bisa dihasilkan dari limbah cangkang kerang adalah seperti : kap lampu, pigura foto,  kotak perhiasan, aneka lampu dan tempat sabun.
Proses pembuatan kerajinan limbah kerang bisa dilakukan hanya dengan pengeleman dengan alat lem tembak seperti gambar pembuatan gantungan kunci kerang di bawah ini .

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain