Thursday, January 4, 2018

Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan

Pengaruh monopoli dalam perdagangan. Perhatikan  foto tanaman cengkeh di bawah ini,  tanaman tersebut menjadi komoditi yang di monopoli oleh bangsa-bangsa Barat pada saat mereka masih menjajah Indonesia. 

Agar bisa memahami lebih lanjut maka bisa melalui  aktivitas kelompok sebagai  berikut :
1. Yang paling berkuasa menentukan harga beli dari petani adalah   perusahaan dagang Belanda VOC
2. Yang menentukan harga jual kepada pedagang lainnya adalah perusahaan dagang Belanda VOC
3.  Pedagang lain nasibnya tidak diperbolehkan membeli perkebunan rempah-rempah dari  rakyat.

Pada saat pertama kali datang,  bangsa barat bisa diterima dengan tangan terbuka oleh rakyat nusantara.  Tetapi lama kelamaan hubungan itu berubah menjadi sifatnya menguasai atau menjajah. Keserakahan VOC yang  berusaha Untuk terus meningkatkan keuntungan yang melimpah akhirnya menimbulkan aksi kekerasan dan penguasaan terhadap daerah yang didatanginya. Hal itulah yang menjadikan rakyat begitu kecewa, membenci dan melakukan perlawanan fisik.
Pertama kali VOC meminta dirinya memiliki hak-hak istimewa dalam perdagangan,  tetapi pada waktu setelahnya kebijakan itu berkembang menjadi kegiatan monopoli dimana rakyat dipaksa untuk menjual hasil buminya hanya kepada VOC dan VOC lah yang menentukan  harga beli  hasil bumi tersebut.
Secara umum pengertian monopoli yaitu penguasaan suatu pasar barang dan jasa yang dilakukan oleh satu atau lebih orang / perusahaan baik sebagai penjual maupun pembeli. Bagi VOC sistem monopoli sangat menguntungkan karena dia bisa membeli rempah-rempah dengan harga semurah mungkin  dan menjualnya kembali di Eropa dengan harga yang sangat tinggi.  Tetapi  monopoli dilaksanakan dengan paksaan dan kekerasan, kerajaan-kerajaan yang ada di nusantara dipaksa untuk melakukan perjanjian dengan  VOC  dan harus tunduk dengan kebijakan Monopoli tersebut.
Untuk memperluas kekuasaannya, VOC menggunakan politik devide et impera Yaitu  VOC berusaha untuk memecah belah suatu kerajaan menjadi dua kubu di mana nanti VOC membela salah satu kubu tersebut, dan ketika salah satu kubu  memenangkan  perebutan kekuasaan maka VOC akan memaksa untuk melakukan perjanjian monopoli perdagangan. 


2 comments:

Blog Saya Yang Lain