Friday, January 5, 2018

Pengaruh kebijakan kerja paksa

Jika diperhatikan dengan seksama gambar dibawah ini menunjukkan terjadinya kerja paksa yang dilakukan oleh penjajah Belanda kepada kaum pribumi. Kerja paksa ini sering dilakukan penjajah untuk melakukan beberapa proyek pemerintah kolonial dalam usaha memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Kerja paksa atau sering juga disebut kerja rodi adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang karena paksaan dari pihak lain,  orang yang bekerja tersebut dan tidak mendapatkan imbalan ataupun fasilitas lainnya. makanya selama program kerja paksa dilakukan di Indonesia oleh pihak Belanda menimbulkan banyak sekali penderitaan  bagi rakyat Indonesia. Bagi Belanda kerja paksa sangat menguntungkan karena tanpa harus mengeluarkan banyak biaya tetapi proyek-proyek yang dia bangun bisa cepat selesai.
Selamat kerja paksa,  bekerja tidak mendapatkan fasilitas yang memadai,  seperti tidak adanya gaji,  tidak adanya makanan yang layak dan bekerja keras di luar batas-batas prikemanusiaan.
Peta diatas menunjukkan Salah satu program kerja paksa yang dilakukan oleh Gubernur Jenderal Daendels antara tahun 1808-1811 yang dinamakan Jalan Raya Pos antara Anyer Panarukan. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat mobilisasi kekuatan Hindia Belanda untuk menangkal datangnya tentara Inggris.  untuk mempercepat selesainya program, maka Gubernur Jenderal Daendels memerintahkan kerja paksa  pada daerah-daerah yang terlewati jalur jalan tersebut. pada Pelaksanaan kerja paksa yang  melibatkan ribuan orang dengan  medan Jalan yang terjal dan menembus pegunungan membuat banyak bekerja yang mengalami penderitaan dan kecelakaan kerja. Selain itu, Belanda juga melakukan program kerja paksa pada beberapa bidang ekonomi,  misalnya pertambangan dan perkebunan. Rakyat pribumi dipaksa untuk bekerja di perusahaan-perusahaan pertambangan dan perkebunan dengan tanpa upah  yang memadai.

Carilah informasi dari buku, majalah, dan internet yang menceritakan tentang kerja paksa pada masa penjajahan Hindia Belanda.

No
Nama Proyek
Tempat
Bentuk Kerja Paksa
1
pabrik senjata
Semarang & surabaya
Kerja Rodi
2
Pangkalan armada
Anyer & Ujung kulon
Kerja Rodi
3
Jalan raya pos
Anyer sampai Panarukan
Kerja Rodi

Kesimpulan materi : Kerja paksa atau juga kerja rodi dilakukan Belanda untuk membangun beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam mencegah serangan dari Inggris dan kepentingan lainnya. Sebagai contoh fasilitas itu adalah pabrik senjata di Surabaya dan Semarang, Pangkalan Armada di Ujung Kulon dan Anyer dan Jalan Raya Pos antara Anyer dan Panarukan. Bagi Belanda kerja rodi sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan biaya yang besar dalam membangun fasilitas untuk kepentingannya. Tetapi bagi rakyat Indonesia sangat merugikan karena menimbulkan penderitaan dan korban jiwa.

3 comments:

Blog Saya Yang Lain