Monday, July 25, 2016

Aktivitas Individu IPS SMP Kelas 7 peta jalur perhubungan dunia dan alternatif rute pelayaran dunia

Jika kamu perhatikan peta jalur perhubungan Pelayaran  dunia, Maka terlihat  banyak alternatif rute pelayaran di dunia ini. Tulislah selat &  negara yang terlewati jalur pelayaran tersebut!

Rute Pelayaran dari Jepang ke Inggris
yaitu Start dari Negara Jepang melewati Cina Taipeh kemudian Filipina dan masuk laut Cina Selatan. Dari sini akan melalu negara Malaysia dan masuk wilayah Indonesia melalui Selat Karimata. Kemudian bisa melanjutkan melalui Negara Singapura dan melewati lagi selat malaka. Jika menuju Jakarta terlebih dahulu maka bisa melalui selat Sunda. Lalu diteruskan ke Samudera Hindia melewati negara India dan masuk perairan Yaman serta laut merah sehingga melalui wilayah Arab saudi, agar perjalanan lebih singkat maka harus ke terusan Suez di Mesir, kemudian perjalanan masuk Laut tengah dan selat Gibraltar di Maroko terus menuju Portugal, Setelah perairan Prancis maka setelah bisa masuk Inggris.
Rute Pelayaran Indonesia ke Arab Saudi
Pelayaran ini bisa dimulai dari Indonesia bisa melalui Selat Sunda atau Selat Malaka, kemudian diteruskan ke samudera Hindia dan melalui Perairan India dan Sri Langka menuju ke Oman dan Yaman dan berakhir di Laut Merah yang berdekatan dengan Arab Saudi.

Rute Pelayaran China Ke Australia
Rute ini relatif pendek, karena dimulai dari Cina ke laut Cina Selatan melewati Vietnam, kemudian Negara Filipina dan Malaysia. Selanjutkan melalui Indonesia melalui Selat Karimata kemudia ke Laut Jawa dan selat Sunda, Keluar dari selat Sunda masuk ke Samudera Hindia dan masuk ke Pelabuhan di Australia.

Rute Pelayaran Jerman ke Jepang
Perjalan dimulai dari Pelabuhan di Jerman kemudian masuk laut Utara melewati negara Inggris, Prancis dan Portugal, kemudian terus ke selat Gibraltar di Maroko. Pelayaran berlanjut ke laut tengah menuju terusan Suez di Negara Mesir langsung ke laut Merah melewati Perairan Saudi Arabia. Pelayaran dilanjutkan ke Negara Yaman dan India. Dari Samudera Hindia masuk ke Wilayah Indonesia Melalui Selat Malaka, kemudian berbelok di Singapura dan menuju selat Karimata serta laut Cina Selatan. Di sana melewati Malaysia, Filipina dan China Taipeh. Dan terakhir menuju pelabuhan di Jepang.


Kesimpulan dari rute pelayaran tersebut bahwa pelayaran antara Benua Asia ke Eropa atau sebaliknya, pelayaran dari wilayah Asia ke Australia atau sebaliknya pasti harus melewati wilayah perairan Indonesia. Bisa masuk wilayah Indonesia melalui Selat Karimata, Selat Malaka, Maupun Selat Sunda. Jadi wilayah Indonesia sangat strategis dalam pelayaran perdagangan dunia. Hal itulah yang membuat Indonesia menjadi bagian terpenting dari perdagangan dunia. Pelabuhan-pelabuhan kapal indonesia selalu ramai dengan kapal-kapal yang transit atau berdagang langsung di Indonesia.  

8 comments:

Blog Saya Yang Lain