Saturday, July 30, 2016

Informasi tentang persebaran hutan mangrove dan terumbu karang di Indonesia

Aktivitas Kelompok
1. Dimana wilayah sebaran hutan mangrove & terumbu karang yang ada di Indonesia?
2. Mengapa hutan mangrove hanya ada di wilayah pantai tertentu saja?
3. Apa dari fungsi hutan mangrove & terumbu karang ?

1. Hutan mangrove di Indonesia ada di berbagai daerah tersebar mulau dari  pantai  bagian barat dari Pulau Sumatra, kemudian  sebagian hutan bakau terdapat  di pesisir utara dari Pulau Jawa, sedangkan di pulau Kalimantan mempunyai hutan bakau hampir diseluruh garis pantainya, hutan mangrove juga ada di bagian selatan pantai Sulawesi, pantai  Selatan di pulau Papua, serta terdapat juga di beberapa pulau lain yang lebih kecil. Jika dijumlah maka Luas hutan mangrove yang ada di  Indonesia kurang lebih mencapai 3 juta hektare dengan sebaran mencapai panjang 95.000 km di pantai Indonesia.
Sedangkan sebaran terumbu karang dimulai dari utara Pulau Sulawesi terdapat Taman Laut Bunaken, Taman Laut Banda yang terdapat di  Kabupaten Maluku Tengah, Taman laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Taman Laut Raja Ampat di Papua, Taman Laut Kepulauan Derawan di Berau Kalimantan Timur, Taman Laut Selat Pantar di NTT, Taman Laut Takabonerate di Sulawesi Selatan, Taman Laut Kepulauan Togean di di Teluk Tomini Sulawesi Tengah, Taman Laut Rubiah di Sabang Aceh, Taman Laut Karimun Jawa dan beberapa perairan lain di Indonesia

2. tipe hutan Mangrove biasanya berada di wilayah pantai pasang surut. Ketika  air mulai pasang, hutan mangrove akan tergenang air laut, tetapi ketika air mulai surut, hutan mangrove akan tidak tergenang lagi oleh air laut.
hutan mangrove bisa tumbuh dengan baik jika  pantai tempat dia tumbuh terlindungi oleh gelombang laut yang besar atau membutuhkan pantai yang tenang, hutan mangrove juga terdapat di muara sungai dan laguna. 

3. a. Fungsi Hutan Mangrove
- Fungsi ekologis
hutan mangrove bisa menjadi habitat atau tempat hidup dari biota laut mereka tumbuh, berkembang biak, mencari makanan dan berlindung dari hewan pemangsa. Selain itu dengan  hutan mangrove bisa menjadi pelindung pantai dari bahaya abrasi.
- Fungsi ekonomis
hutan Bakau mempunyai  nilai ekonomis dari hasil  kayu  serta makhluk hidup lain yang hidup dan berkembang di hutan tersebut. Bagi masyarakat sekitar bisa menggunakannya kayu bakar dan kayu arang. udang dan beberapa jenis ikan dikembang biakan di wilayah ini  dengan baik.
b. Fungsi Terumbu Karang
- Manfaat secara ekonomi karena terumbu karang bisa dijadikan salah satu  sumber makanan, Bahan dasar obat-obatan, serta bisa menjadi tempat wisata laut atau bahari.
-  Secara ekologis, terumbu karang sangat bermanfaat untuk mengurangi hempasan gelombang laut di pantai dan mengurangi abrasi.

- Secara  sosial ekonomi, terumbu karang  adalah sumber pendapatan para nelayan karena banyak ikan yang berkembang biak di sana.

9 comments:

  1. Swangat membantu.......thanks😊

    ReplyDelete
  2. Swangat membantu.......thanks😊

    ReplyDelete
  3. HE TAK CONTOH NDAK POPO TAK MASUKAN KE BLOGKU

    ReplyDelete
  4. Makasiiih alhamdulillah.. Lagi Kepepet dapet kayak gini, aku lupa ngerjain pr soalnya. Ini ngerjain di sekolah

    ReplyDelete
  5. Bagus dan membantu banget btw trim ya yang udah buat artikel ini semoga yang buat tetep sehat biar bisa buat lagi hhhjj😂😂

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain