Sunday, July 24, 2016

Aktivitas Kelompok IPS Kelas 7 Uraikan Posisi Indonesia

Uraikanlah posisi Indonesia


1. Indonesia  berbatasan dengan Negara-negara sebagai berikut :
a. Pada arah utara Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia dan mempunyai perbatasan laut dengan  Singapura, Filipina dan Palau. Serta berbatasan  Laut Cina Selatan.
b. Untuk arah selatan Indonesia berbatasan darat dengan negara  Timor Leste dan berbatasan laut dengan  Australia, serta sebagian dengan Samudra Hindia.
c. Untuk arah barat Indonesia berbatasan dengan laut lepas Samudra Hindia.
d. Sedangkan arah timur Indonesia berbatasan darat dengan negara Papua Nugini dan laut lepas Samudra  Pasifik.

2.  Indonesia dikelilingi oleh dua samudera yaitu : Samudera Hindia pada wilayah barat dan selatan dan ada samudera pasific pada wilayah Timur. Dan ada pula Laut Cina Selatan di wilayah utara.

3. Indonesia berdekatan dan menjadi bagian dari benua Asia. Wilayah regional bernama Asia Tenggara di sebelah utara. Sedang ada benua terkecil yang dekat dengan Indonesia adalah Benua Australia

4. Secara astronomis, Indonesia mempunyai batas sebagai berikut 60 LU - 110 LS dan 950 BT – 1410 BT

1) Deskripsikan atau gambarkan keadaan dari muka bumi pada salah satu pulau besar yang ada  di Negara Indonesia!
Deskripsi Pulau Sumatera adalah pada wilayah barat pulau Sumatera terdapat  pegunungan Bukit Barisan yang membentang panjang sampai 1500 km. Di bukit barisan itu ada puluhan gunung yang tidak aktif dan gunung masih aktif, contohnya : Sinabung di Sumatra Utara dan gunung Kerinci di Sumatra Barat & Jambi. Pulau Sumatra memiliki beberapa danau, contohnya Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat.

Pada wilayah  timur pulau banyak  sungai-sungai besar yang mempunyai muara di sana, yaitu : Sungai Siak di Riau, sungai Batang Hari di Sumatra Barat & Jambi dan sungai Musi di Sumatra Selatan

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain