Saturday, July 30, 2016

negara-negara yang memiliki potensi batu bara

1. Negara-negara yang memmpunyai potensi batu bara adalah :
China, Amerika Serikat, India, Australia, Indonesia, Rusia, Afrika Selatan, Jerman, Polandia, dan kazakhstan.

2. Batu Bara hanya terdapat di negara-negara itu karena : Terbentuknya  batu bara membutuhkan  keadaan tertentu dan cuma bisa terjadi pada waktu-waktu tertentu pada rangkaian sejarah geologi. Ketika rentang Zaman Karbon, kurang lebih 340.000.000 tahun lalu, yaitu waktu  terbentuknya batu bara yang paling banyak dihasilkan  yaitu mengasilkan cadangan  batu bara (black coal) yang bernilai ekonomi  pada bagian bumi utara terbentuk.

Selanjutnya ketika  Zaman Permian, kurang lebih  270.000.000 tahun lalu, terjadi juga  endapan-endapan batu bara yang bernilai ekonomi pada bagian  bumi selatan, contohnya Australia dan Indonesia. Proses ini berlanjut sampai ke Zaman Tersier sekitar 70.000.000 – 13.000.000 tahun lalu pada bagian bumi yang lain.

Melihat Proses yang panjang tersebut, terlihat bahwa batubara hanya terdapat di bagian tertentu Bumi utara dan selatan serta sedikit bagian bumi yang lain. Makanya tidak semua negara bisa memiliki cadangan batu bara di wilayahnya.

3. Tidak semua pemilik cadangan batu bara merupakan negara maju, misalnya India, Indonesia dan Kazakhstan yang merupakan negara berkembang. Negara-negara tersebut menjadikan batu bara sebagai komoditas ekspor yang menghasilkan devisa bagi negaranya. Sedangkan ada juga negara maju yang mempunyai cadangan batu bara yang cukup besar, misalnya USA, Jerman, Australia dan Rusia, Hasil produksi batu bara mereka biasanya dipakai untuk kepentingan dalam negeri, terutama untuk energi industri mereka, sehingga sedikit bagian produksi tersebut yang untuk di ekspor.

4 comments:

Blog Saya Yang Lain