Thursday, July 28, 2016

Carilah informasi tentang sumberdaya alam dan maritim yang dimiliki Indonesia

Sumberdaya alam bisa mempunyai wujud dalam bermacam bentuk. Tugas Carilah informasi dan data tentang SDA yang dipunyai Indonesia!

No. Bentuk Sumber Daya Alam – Lokasi Sebaran – Jumlah atau luas atau volume
1. Sumber daya hutan yang mempunyai sebaran di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua dengan luas  mencapai  99,6 juta hektar atau 52,3% dari luas wilayah Indonesia
2. Sumber daya Minyak bumi dengan lokasi di Pulau Sumatra, Jawa, Maluku dan Papua. Jumlah cadangan yang dimiliki Indonesia sebanyak 4 miliar barel pada tahun 2014
3. Batu Bara memiliki lokasi di pulau Kalimantan & Sumatera dengan cadangan Sebesar 12 Miliar Ton.
4. Bauksit atau bijih aluminium. Bauksit yang tersebar di Kepulauan Riau (Pulau Bintan) dan Kalimantan Barat (Singkawang) dengan potensi produksi mencapai 1.262.710 ton.
5. Pasir besi banyak ditemukan di Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung, Sumatra, Lombok dan Kalimantan Selatan dengan jumlah cadangan sebesar 107,18 juta ton.
6. Emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan. Berdasarkan data  jumlah cadangan emas Indonesia 28,2 juta ons. Emas tersebar di  Papua, Kalimantan Barat, NAD, Sulawesi Utara, Riau, dan Bengkulu.

Indonesia merupakan negara maritim. Carilah informasi potensi SDA laut Indonesia!
No. Bentuk Sumber Daya Alam – Lokasi Sebaran – Jumlah atau luas atau volume
1. SDA Perikanan yang ada hampir diseluruh perairan laut Indonesia dengan cadangan lestari mencapai  6,4 juta ton per tahun.
2. Hutan Mangrove ada di Pantai barat  Sumatra, pantai utara Jawa, hampir seluruh pantai Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Pantai Selatan Papua.  di Indonesia hutan mangrove mempunyai luas  sekitar 3 juta hektare

3. Terumbu Karang yang tersebar ada hampir di seluruh perairan Indonesia dengan luas mencapai 284,3 ribu km2.

15 comments:

Blog Saya Yang Lain