Thursday, March 9, 2017

informasi mengenai perkembangan masyarakat praaksara

A. Masa Berburu & mengumpulkan makan pada tingkat sederhana.
Deskripsi perkembangan pada :
1. ekonomi
Untuk memenuhi kebutuhan, manusia purba melakukan perburuan binatang dan menangkap ikan disungai. Ketika persediaan makan sudah habis maka mereka akan berpindah tempat lain yang masih menyediakan makanan yang lebih banyak. Kehidupan pada masa itu sangat tergantung dengan alam yang menyediakan bahan kebutuhan manusia.
2. Sosial
Manusia berkumpul dalam satu kelompok kecil, tugas sebagian anggota kelompok laki-laki melakukan kegiatan perburuan untuk memenuhi kebutuhan kelompoknya. Setelah sumber makanan habis maka kelompok itu akan berpindah ketempat lain.
3. Budaya
Manusia saat itu sudah mampu membuat dan menggunakan alat bantu sederhana yang terbuat dari batu dan tulang hewan yang dibentuk secara kasar seperti : kapak perimbas, kapak genggam, dan kapak penetak.

B. Masa Berburu & mengumpulkan makanan tingkat lanjut
1. Ekonomi
Manusia purba sudah mulai berusaha hidup menetap dengan membuka hutan untuk ditanami umbi-umbian dan sayuran untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu mereka beternak hewan unggas dan domba dan tetap sesekali memburu hewan liar.
2. Sosial
Pada masa ini kehidupan kelompok manusia sudah mulai menetap dengan tinggal di gua-gua yang ada dilereng gunung dan dekat dengan sumber air dan sungai.
3. Budaya
Terdapat lukisan di gua dibeberapa daerah di Indonesia, selain itu terdapat gambar hewan-hewan yang dilukis di dinding gua.

C. Masa Bercocok Tanam
1. Ekonomi
Manusia sudah mulai bisa mengolah tanah untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat saat itu akan mencari lahan subur dengan membuka hutan untuk ditanami tanaman bahan pokok. selain itu mereka juga memelihara binatang ternak. Tetapi pada saat tertentu mereka tetap melakukan perburuan hewan liar. Selain itu dalam bidang ekonomi, mereka melakukan transaksi secara sederhana dengan sistem barter.
2. Sosial
Pada waktu itu manusia sudah hidup menetap baik secara permanen atau sementara. Mereka berkumpul pada suatu perkampungan kecil yang dipimpin oleh orang yang mereka anggap sudah dewasa dan mempunyai wibawa tinggi. Sudah ada pembagian tugas yang jelas, misalnya: laki-laki melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, seperti menebang pohon, membuat perahu dan mencangkul. Sedangkan yang perempuan mempunyai tugas untuk menebarkan benih dan menyiapkan makanan.
3. Budaya
Hasil budaya saat itu berupa alat-alat seperti : Kapak persegi, kapak lonjong, gerabah dan perhiasan. Mereka juga melakukan kegiatan keagamaan dan kepercayaan kepada roh leluhur. Untuk kegiatan itu mereka mendirikan beberapa bangunan besar terbuat dari batu seperti dolmen dan menhir.

Masa Perundagian
1. Ekonomi
Masyarakat waktu itu sudah mampu memenuhi kebutuhannya tanpa tergantung pada alam, Bahkan mereka mampu mengolah alam tersebut untuk meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan mereka bersama. Kegiatan pertanian sudah diatur dengan baik dengan sistem pengairan yang baik dan pembagian tugas antar petani. Manusia saat itu juga peternak berbagai hewan termasuk hewan kuda dan unggas.
Perdagangan sudah mulai dikenal, bahkan
dilakukan antar pulau dengan perahu. sehingga ada tukar komoditi yang saling melengkapi di antara mereka.
2. Sosial
Manusia saat itu tinggal pada pemukiman yang sudah besar dengan berbagai pekerjaan dan keahlian yang berbeda-beda. Mereka dipimpin seorang kepala kampung atau kepala suku. Masyarakat sudah teratur dengan atura-aturan yang mereka buat untuk menjaga keteraturan tersebut. Yang menonjol adalah munculnya sekelompok manusia yang mempunyai keterampilan khusus dalam undagi atau pertukangan, mereka mampu membuat alat-alat dari logam yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.
3. Budaya
Hasil budaya sudah beranekaragam dan lebih maju, terutama peralatan dari logam menjadi ciri utama jaman ini. Contoh alat itu adalah Kapak perunggu, perhiasan perunggu, dan kapak corong. Selain itu kesenia lain seperti seni lukis dan seni arsitektur juga berkembang dengan baik.


7 comments:

  1. sangat membantu tapi ada yang kurang :)

    ReplyDelete
  2. dan penjelasannya terlalu bamyak

    ReplyDelete
  3. sangat membantu tapi ada yang kurang :)

    ReplyDelete
  4. sangat bantu sekali terima kasih

    ReplyDelete
  5. Membantu hanya contohnya kurang satu

    ReplyDelete
  6. Menurut saya sangat membantu sekali, yah kalo menurut kalian kepanjangan ya ringkas aja, klo kependekan ya tambahin aja simpel kan

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain