Friday, March 10, 2017

Kesamaan nilai-nilai dan tradisi masyarakat sekitar dengan masyarakat praaksara.

1. Gotong Royong
Masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal banyak yang melakukan gotong royong terutama untuk membersihkan desa dan menolong sesama. Hal ini sama yang dilakukan masyarakat praaksara yang saling bekerja sama dalam membangun bangunan yang dari batu besar pada masa megalitikum, selain itu mereka juga berkelompok dalam memburu hewan untuk memenuhi kebutuhan bersama.

2. Musyawarah
Pada saat ini disekitar pemukiman penduduk masih melakukan musyawarah dalam memutuskan kepentingan bersama, hal ini juga dilakukan dalam pemerintahan negara terdapat Majelis Pemusyawaratan Rakyat, bahkan perusahaanpun akan melakukan rapat dalam menentukan strategi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini sama yang dilakukan oleh masyarakat jaman dulu, dimana mereka akan bermusyawarah untuk memecahkan masalah mereka dengan dipimpin oleh seorang yang mereka anggap sebagai sesepuh.
3. Tradisi Bercocok tanam
Di sekitar daerah kami masih banyak masyarakat yag bekerja sebagai petani yang menanam berbagai tanaman di sawah dan di ladang. Ternyata tradisi ini turun-menurun dilakukan oleh masyarakat, bahkan sudah dilakukan oleh masyarakat praaksara yang melakukan kegiatan bercocok tanam meskipun mereka melakukannya secara berpindah-pindah dan masih menggunakan alat yang sangat sederhana.

4. Tradisi bahari atau pelayaran

Di wilayah kami masih banyak yang menjadi nelayan karena memang dekat dengan pantai. Mereka biasanya berangkat pada malam hari kemudian datang pada pagi hari, selain itu juga terdapat kapal angkut yang membawa penumpang dan barang-banang untuk dikirimkan ke pulau lain di Indonesia. Hal ini sama dilakukan oleh manusia praaksara yang melakukan pelayaran meskipun dengan menggunakan perahu kecil untuk menyeberangi sungai dan laut.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain