Sunday, March 19, 2017

Persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat pada Kerajaan Kutai, kerajaanTarumanegara dan kerajaan Sriwijaya

1. Persamaan
a. Masyarakat dari 3 kerajaan itu mata pencaharian utamanya adalah sebagai pedagang hal ini terbukti karena terdapat pelabuhan-pelabuhan yang menghubungkan kerajaan-kerajaan mereka utamanya India selain itu perdagangan juga dilakukan tentang pulau yang ada di nusantara. Proses perdagangan itulah yang memberikan pengaruh terhadap kegiatan ekonomi, pemerintahan dan keagamaan.

b. Selain berdagang, mata pencarian utama adalah bertani dan berternak. Untuk Tarumanegara di situ digambarkan mempunyai tanah yang subur. Dan raja mempunyai keinginan untuk membuat sistem pengairan yang nantinya bisa digunakan petani untuk mengairi ladangnya. Di Sriwijaya terkenal dengan kesuburannya dan banyak menghasilkan hasil hasil pertanian. Sedangkan Kutai diceritakan mempunyai peternakan yang sudah baik.

c. Ketika kerajaan tersebut mempunyai sistem pemerintahan yang sama yaitu kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Raja diangkat secara turun-temurun d
ari Raja sebelumnya.

2. Perbedaan
a. Dalam menuliskan sejarah, kerajaan kutai menggunakan Yupa sedangkan kerajaan sriwijaya dan Tarumanegara menggunakan prasasti.

b. Kenapa Sriwijaya mempunyai tempat yang strategis sedangkan kutai dan Tarumanegara tidak terlalu mempunyai tempat yang strategis sehingga sriwijaya lebih mempunyai kemajuan secara ekonomi dan Perdagangan.

c. Sriwijaya mempunyai armada maritim yang kuat sedangkan hal tersebut tidak tertulis pada sejarah Tarumanegara dan Kutai.


d. Sriwijaya sebagai besar masyarakatnya adalah penganut agama Budha sedangkan kutai dan Tarumanegara sebagian besar masyarakatnya adalah penganut agama Hindu.

2 comments:

Blog Saya Yang Lain