Wednesday, March 22, 2017

Unsur Manajemen

Ahli manajemen yang bernama Harrington Emerson yang mengarang buku public administration menjelaskan tentang lima unsur dalam manajemen. 5 unsur itu disingkat menjadi 5 m yaitu main money material, mesin,  dan metode. Secara mendetail Bisa dijelaskan sebagai berikut :
A. Manusia
Sampai saat ini manusia tetap menjadi unsur manajemen utama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi. Manusia melakukan kombinasi dari unsur-unsur manajemen yang lain agar bisa saling mendukung dalam kegiatan organisasi. Unsur manajemen seperti uang, bahan, mesin serta metode tidak akan berguna jika tidak ada manusia. Berhasil atau gagal suatu tujuan organisasi masih sangat tergantung pada kemampuan setiap individu dalam organisasi tersebut. Jadi dalam bisnis modern, seorang karyawan secara keseluruhan harus  selalu di bina dengan memberikan pendidikan sesuai dengan jenjang jabatannya sekaligus memberikan dia fasilitas yang sesuai dengan kemampuannya. Selain itu manusia juga perlu diatur dengan tata tertib dan kesamaan pandangan dalam mencapai tujuan bersama.
B. Uang atau money
Mungkin bagi dunia modern saat ini, uang memegang peranan yang begitu penting baik dalam kehidupan pribadi seseorang maupun sebuah organisasi. Uang bisa menjadi pengikat atau modal untuk mendatangkan unsur-unsur yang lain agar tetap dalam lingkaran organisasi. Manusia yang terlibat dalam organisasi jika mendapatkan sejumlah upaya yang cukup akan meningkatkan atas kerja yang dia punya. Sementara itu modal perusahaan harus didapatkan melalui adanya uang yang tersedia, jika tidak ada uang maka sulit rasanya bagi perusahaan untuk memulai usahanya.
C. Bahan atau material
Kita sering disibukkan untuk memulai usaha dengan perlunya bahan mentah dan alat-alat yang mendukung produksi suatu perusahaan. Contoh misalnya produksi pertanian yang nantinya bisa dijadikan bahan jadi maka bahan-bahan mentah seperti padi jagung tebu kopi dan lain sebagainya. Hal itu harus sudah tersedia sebelum produksi dilaksanakan. Ini penting karena keberlangsungan produksi sangat tergantung pada ketersediaan bahan material yang ada.
D. Mesin
Tenaga manusia dirasa masih lemah  dan  tidak efisien dalam melaksanakan kegiatan produksi apalagi kebutuhan akan barang dan jasa begitu besar di masyarakat. Produksi massal membutuhkan tenaga lebih, maka dari itu diperlukan mesin dalam meningkatkan jumlah produksi dengan waktu yang relatif lebih singkat. Selain itu mesin juga bisa mengurangi biaya produksi karena item upah dalam kegiatan produksi bisa dikurangi.
E. Metode

Dalam era sekarang ini banyak sekali kajian tentang metode manajemen. Banyak sekali ahli dan belajar yang mempelajari tentang metode-metode manajemen yang baik. Selain itu dengan meningkatnya pengetahuan dan teknologi manusia terus menciptakan inovasi-inovasi yang bisa menghasilkan metode yang paling efisien dan efektif dalam melakukan kegiatan organisasi. Khususnya pada kegiatan produksi, teknologi telah membawa banyak sekali perubahan dalam bagaimana memproduksi barang dan jasa secara cepat. Dalam hal ini mesin dan komputer menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menggantikan peran manusia dalam mengelola sumber daya yang ada.

No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain