Sunday, August 13, 2017

Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi

Manusia mempunyai banyak sekali kebutuhan dalam hidupnya. Ada puluhan bahkan ratusan kebutuhan yang harus dikonsumsi oleh manusia. Perilaku konsumsi dipengaruhi oleh faktor ruang yang bisa sebagai penentu dalam kegiatan seseorang sebagai konsumen. Misalnya masyarakat kota cenderung lebih konsumtif daripada masyarakat desa. Hal ini dipengaruhi oleh faktor pendapatan dan juga faktor keruangan, dimana kota memiliki banyak sekali fasilitas yang mendukung sikap konsumtif seperti: Supermarket dan Hypermarket.
Dengan bertambahnya kebutuhan manusia maka perlu usaha untuk memproduksi kebutuhan tersebut. Alam adalah penyedia bahan dasar setiap kebutuhan manusia. Industri mengolah faktor alam tersebut menjadi benda jadi yang siap untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun nampaknya sekarang banyak sumber daya alam yang mulai habis dan rusak  karena terus-menerus diambil oleh manusia sedangkan alam menyediakan sumber daya tersebut sifatnya terbatas sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas.
Indonesia yang terletak di daerah tropis dengan luas lautan yang dimilikinya mempunyai kekayaan alam yang cukup besar. Kekayaan ikan dan sumber daya alam lain di lautan menjadi komoditas yang penting untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia sekaligus bisa menjadi komoditas yang bisa diekspor ke luar negeri.
Selain itu dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun memberikan kesempatan bagi petani untuk menanam berbagai macam produk pertanian dan perkebunan. Tanaman tersebut juga bisa tumbuh subur karena curah hujan yang tinggi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Curah hujan juga memberikan kesempatan bagi peternak untuk menyediakan makanan bagi ternaknya berupa rumput maupun dedaunan lainnya yang bisa tumbuh subur.
Terdapat perikanan darat yang berupa kolam, tambak dan keramba yang memanfaatkan air tawar atau air payau. Indonesia yang memiliki laut yang luas terkandung kekayaan alam yang melimpah, seperti ikan, rumput laut, terumbu karang yang bisa digunaan untuk komoditi ekspor dan obyek pariwisata.

Tabel 3.1 Tabel aktivitas kelompok
No Nama Daerah Penghasil Pemanfaatan
Hutan, Minyak bumi, Batu bara, Gas alam, Emas, Nikel, Timah, Tembaga, Marmer, Gas alam
Berdasarkan tabel 3.1 menunjukkan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. kekayaan alam itu bisa menjadi sumber kehidupan bagi rakyat Indonesia. Kekayaan alam tersebut merupakan keunggulan Negara Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Dengan keunggulan itu menyebabkan negara lain membutuhkan produk-produk Indonesia yang menimbulkan permintaan ekspor yang besar dalam perdagangan internasional.


1 comment:

Blog Saya Yang Lain