Thursday, August 3, 2017

Perbedaan mobilitas vertikal dan horizontal

a. mobilitas vertikal
- Pengertian mobilitas vertikal yaitu proses perpindahan individu atau kelompok yang berasal dari suatu kedudukan sosial menuju ke kedudukan yang lebih tinggi atau mengalami penurunan kedudukan yang lebih rendah.
- nama lain perpindahan kedudukan yang lebih tinggi adalah social climbing dan nama lain berpindah kedudukan yang lebih rendah adalah social Sinking.
b. Mobilitas horizontal
- pengertian Mobilitas horizontal yaitu suatu proses perpindahan kedudukan sosial individu atau kelompok pada lapisan kedudukan sosial yang sama.
- pada mobilitas horizontal seseorang atau kelompok tidak mengalami perubahan tingkat derajat kedudukannya. Jadi individu yang mengalami mobilitas ini mempunyai peran yang sama meskipun dia bergeser atau berpindah pada suatu tempat ke tempat lainnya.


Tuliskan tiga contoh mobilitas vertikal !
1. Pak Lukman seorang karyawan yang rajin, semula dia hanya staf biasa, tetapi karena dia selalu rajin dan giat bekerja kemudian dia dipilih menjadi seorang manajer pemasaran dari perusahaan dia bekerja.
2. Seseorang membuka sebuah toko sepatu, karena kurang rajin bekerja sehingga tokonya menjadi sepi dan jarang membeli. Lama-kelamaan akhirnya toko tersebut harus tutup dan mengalami kerugian.
3. Rudi seorang peternak ayam, kemudian dia membangun industri kecil pengolahan daging ayam menjadi sosis. Ternyata usaha tersebut berkembang dengan pesat dan sekarang menjadi pabrik yang cukup besar di sekitar daerah tempat tinggalnya.

Tuliskan tiga contoh mobilitas horizontal !
1. Pak Hari merupakan kepala cabang suatu bank swasta di Kota Surabaya kemudian dia dipindahkan menjadi kepala cabang di Kota Semarang.
2. Sofyan merupakan pengawas pendidikan di kabupaten situbondo kemudian dia dipindahkan menjadi pengawas pendidikan di Kabupaten Bondowoso.
3. Ridwan adalah seorang dosen di suatu perguruan tinggi kemudian dia pindah ke perguruan tinggi lain dan tetap sama bekerja sebagai dosen.

Sebutkan lima contoh terjadinya social climbing dan social sinking !
1) Pandu - Seorang karyawan mendapat promosi menjadi pimpinan cabang perusahaan
2) Budi – Seorang guru menjadi kepala sekolah
3) Suheri – Seorang manajer menjadi staf biasa
4) Intan – Seorang staf menjadi seorang direktur
5) Jamil – Seorang pedagang bakso keliling menjadi pemilik perusahaan pengolahan daging.

Sebutkan lima contoh terjadinya mobilitas horizontal !
1) Mulyani - Seorang kepala cabang bank berpindah menjadi kepala cabang yang lain
2) Mulyadi – seorang petani yang berpindah ke daerah lain untuk bekerja sebagai petani lagi
3) Sutoyo – Guru yang mutasi ke sekolah lain dan tetap menjadi guru
4) Yogi -Dokter yang berpindah tempat kerja ke rumah sakit lain
5) Karin – seorang direktur pemasaran dipindahkan ke cabang lain tetapi tetap menjadi direktur pemasaran

3 comments:

Blog Saya Yang Lain