Wednesday, August 2, 2017

Pengertian mobilitas sosial

Secara bahasa kata mobilitas berasal dari bahasa latin "mobilis" yang mempunyai arti "mudah bergerak" dari satu kedudukan ke kedudukan yang lain. Sedangkan kata "sosial" mempunyai arti dua atau lebih orang yang hidup dalam suatu kelompok. Sehingga jika digabung menjadi kata mobilitas sosial mempunyai arti yaitu berpindahnya kedudukan individu atau sekelompok orang pada suatu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain. Jika ada orang yang berpindah peran atau kedudukan dari lapisan atas ke bawah atau sebaliknya dari lapisan bawah ke atas maka peristiwa tersebut dinamakan mobilitas sosial.
Contoh dari mobilitas sosial adalah seorang karyawan dengan gaji biasa-biasa saja. Kemudian keluar dari pekerjaannya dan membuka usaha sendiri sebagai pengusaha dan dia berhasil dengan gemilang mendapatkan kesuksesan dan kekayaan yang melimpah.

Berikut ini beberapa pengertian mobilitas sosial dari para ahli :

Carilah 6 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial !
Ini hanya sebagai contoh mengerjakan tugas !
a. Budi seorang anak petani yang hidupnya sederhana, kemudian dia diterima kuliah di fakultas kedokteran melalui jalur prestasi, setelah lulus dia menjadi dokter yang sukses.
b. Iwan sebelumnya pedagang bakso keliling, kemudian dia membuka warung bakso dan ternyata warung yang sukses dan mempunyai beberapa cabang di kota lain sehingga dia sekarang menjadi seorang yang kaya raya.
c. Saiful seorang sopir bis antar kota, karena pengalamannya kemudian dia mencoba menjadi pengusaha angkutan antar kota, ternyata dia berhasil dan sekarang mempunyai banyak sekali Armada bus yang melayani transportasi antar kota.
d. Wati seorang pedagang jamu keliling, setelah sekian lama dia membuat industri kecil yang memproduksi jamu dalam kemasan, ternyata jamunya diterima oleh konsumen dengan baik dan dia sekarang menjadi pengusaha yang sukses.
e. Rudi seorang anak tukang becak yang hidupnya pas-pasan, kemudian dia mendaftar menjadi TNI, dan diterima menjadi anggota Tentara nasional Indonesia, sekarang dia sudah menjadi tentara dengan pangkat yang tinggi.
f. Ali seorang karyawan ya gajinya tidak terlalu besar, kemudian dia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan membuka toko online. Ternyata toko online itu berhasil dan sekarang sangat terkenal di seluruh Indonesia.


No comments:

Post a Comment

Blog Saya Yang Lain