Saturday, August 26, 2017

Pengertian Perdagangan Antarnegara

Pengertian perdagangan antar negara yaitu perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara yang lain dengan kesepakatan kedua belah pihak. Negara di sini bisa diartikan sebagai pemerintah, masyarakat, perusahaan, lembaga dan individu yang bertindak sebagai pembeli atau penjual dalam perdagangan dengan negara lain.
Ruang lingkup perdagangan internasional atau antar negara
a. Perpindahan barang dan jasa (ekspor & impor)
b. Arus investasi antar negara
c. Adanya pertukaran tenaga kerja antar negara
d. Alih Ilmu pengetahuan dan teknologi antar negara
e. Pertukaran informasi dan komunikasi tentang keadaan pasar barang dan jasa internasional
Aktivitas perdagangan antar negara
Secara umum perdagangan internasional terkait pada kegiatan ekspor dan impor.
1. Ekspor
Pengertian ekspor ialah kegiatan untuk mengirimkan atau menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Hasil dari ekspor berupa mata uang asing yang biasa disebut devisa. Devisa ini bisa menjadi pendapatan nasional yang bisa digunakan untuk kegiatan impor, investasi dan kegiatan pemerintahan lainnya. Semakin tinggi ekspor suatu negara maka pendapatan nasionalnya juga tinggi sekaligus kesejahteraan rakyatnya juga meningkatkan.
2. Impor
Pengertian Impor adalah kegiatan suatu negara yang mendatangkan atau membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri. Pelaku impor biasanya dinamakan importir yang memberikan pembayaran berupa mata uang asing (devisa) sebagai pengganti dari barang yang sudah dibeli nya. Kegiatan impor biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri karena barang yang bersangkutan belum bisa diproduksi di dalam negeri. Selain itu impor juga digunakan untuk menjaga stabilitas harga barang yang ada di dalam negeri, jika terjadi inflasi karena terbatasnya jumlah barang maka bisa dilakukan impor untuk menambah pasokan barang tersebut sehingga harganya menjadi turun.

Aktivitas Individu - Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor-Impor yang Dilakukan Masyarakat

3 comments:

  1. Sangat membantu
    Tolong tambah materi selanjutnya!!!

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu
    Tambahkan materi lebih banyak lagi

    ReplyDelete
  3. Terus semangat dalam membuat blog selanjutnya agar dapat membantu yang lain

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain