Wednesday, August 16, 2017

Pengertian pelaku ekonomi

Pelaku ekonomi merupakan orang atau lembaga yang melaksanakan kegiatan ekonomi.  Dalam ilmu ekonomi Terdapat 4 pelaku ekonomi yang terdiri atas : Pertama rumah tangga konsumen, kedua rumah tangga produsen, ketiga rumah tangga pemerintah dan keempat rumah tangga internasional.

Sebelum membahas lebih lanjut mari kita kerjakan tugas berikut: Amatilah gambar 3.1 di bawah ini.

Aktivitas kelompok.
Tuliskan hasil diskusi pada uraian yang ada di bawah ini !
Gambar - Siapa Pelakunya? - Apa yang Dikerjakan ? - Apa Tujuan Mereka Melakukan Aktivitas ?
  1. Gambar 1 -  Produsen pupuk -  Mengemasi pupuk yang hendak dijual – Menjual pupuk kepada konsumen
  2. Gambar 2 – Siswa  Sekolah Dasar – Membeli makanan di kantin – Memenuhi kebutuhan
  3. Gambar 3 – Pemerintah – memungut pajak – Untuk biaya pembangunan
  4. Gambar 4 – Ekspotir atau importir – ekspor dan impor barang – menambah devisa dan memenhi kebutuhan dalam negeri.
Pelaku-pelaku tersebut mempunyai peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Jika dilihat dari kegiatannya dilakukan oleh pelaku ekonomi maka bisa dibagi dua yaitu rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen. Semua pelaku ekonomi pasti berperan sebagai konsumen, misalnya : Keluarga membutuhkan makanan dan minuman, perusahaan membutuhkan bahan baku dan pemerintah membutuhkan alat-alat untuk pembangunan. Tapi tidak Sisi setiap pelaku ekonomi juga bisa berperan sebagai produsen, misalnya: Keluarga yang bekerja produktif menghasilkan kerajinan, perusahaan menghasilkan barang dan jasa dan pemerintah mempunyai BUMN yang juga memproduksi barang dan jasa. 

Sementara masyarakat internasional mempunyai peran untuk ekspor dan impor. Jika suatu negara mempunyai kelebihan produksi pada suatu komoditi tertentu maka dia bisa mengekspor barang ke luar negeri dan bisa menghasilkan devisa. Sedangkan bagi negara yang mempunyai kekurangan pada suatu komoditas bisa memenuhinya dengan mengimpor barang dari luar negeri.

Rumah tangga konsumen bisa disingkat menjadi RTK dan rumah tangga produsen bisa disingkat menjadi RTP. Setiap rumah tangga akan menghasilkan siklus saling membutuhkan, dimana konsumen membutuhkan produsen untuk memenuhi kebutuhannya, sedangkan produsen akan membutuhkan konsumen karena produsen membutuhkan faktor produksi yang dimiliki oleh konsumen. Siklus ini menggerakkan kehidupan ekonomi masyarakat agar tetap terjaga dan bisa memberikan kesejahteraan serta bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

6 comments:

  1. Terimakasih. Sangat membantu bagi saya :") semoga kedepannya blog ini makin sukses!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih karena telah membantu saya

    ReplyDelete
  3. Trims 😊😊😊😊

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ya sangat membantu bagi saya semoga kedepannya blog ini semakin sukses😊😊😊😊

    ReplyDelete
  5. πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™πŸ‘™

    ReplyDelete

Blog Saya Yang Lain